Lonjakan Kasus COVID-19 di Kudus, Ganjar Turun Tangan

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjanjikan bantuan penuh untuk tangani kasus COVID-19 di Kudus. Apalagi saat ini Kudus menjadi daerah dengan angka COVID-19 tertinggi di Jawa Tengah.

Ganjar mengatakan saat ini angka COVID-19 di Jawa Tengah terus naik. Apalagi saat ini Kudus menduduki peringkat pertama. Untuk itu ia telah memerintahkan agar memberikan dukungan penuh ke Kudus.

”Kita berikan bantuan dari mana-mana, nggak hanya dari Semarang saja,” katanya usai menjadi pembicara dalam talkshow peringatan Hari Pancasila di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) (1/6).

Saat ini bantuan telah dikirimkan ke Kudus. Diantaranya untuk mencukupi kebutuhan tempat tidur, ruang isolasi, SDM tenaga kesehatan hingga obat-obatan.

Saat ini untuk beberapa daerah di Jawa Tengah, angka keterisian tempat tidur di rumah sakit masih mencukupi. Hanya saja untuk beberapa tempat seperti di Kudus, angka keterisiannya mencapai 100 persen.

”Ini artinya sudah gawat. Makanya kita berikan dukungan, kita tambah tempat tidur dan tempat isolasi,” ucapnya.

Menurut Ganjar kenaikan kasus ini dikarenakan  faktor libur panjang. Hampir setiap libur panjang dipastikan ada kenaikan kasus selama 14 hari setelahnya. Selain itu faktor lainnya yakni adanya transmisi lokal dari satu daerah ke daerah lainnya.

”Makanya kita butuh bantuan masyarakat untuk pengendaliannya. Selain itu kita siapkan untuk mengantisipasi adanya kondisi darurat, misalnya di Solo sudah disiapkan, kalau tidak dipakai bisa moving ke tempat lain,” ucapnya.