Keceplosan Ngomong Tak Senonoh Saat Ceramah di TV Jadi Viral, Ustaz Syam: Astagfirullah Ini Tidak Pemanasan Mulut

ERA.id - Pendakwah kondang Ustaz Syam tengah menjadi perbincangan publik. Bukan karena rumah tangganya, melainkan karena dirinya salah bicara saat memberikan ceramah di acara televisi Indonesia. 

Potongan video yang memperlihatkan Ustaz Syam salah menyebutkan kalimat saat sedang siaran langsung di acara televisi. Tidak tahu grogi atau tak fokus, yang jelas kata-kata yang diucapkan sangat jelas.

Ustaz Syam (Foto: Instagram/@lambenyinyir_official)

"Jadi ternyata yang tidak bisa terk***ol ketika seseorang marah adalah ketika mereka mengeluarkan kata-kata yang tidak sepantasnya keluar," kata Ustaz Syam dalam cuplikan video.

Hingga akhirnya, Ustaz Syam langsung klarifikasi di akun TikTok pribadinya. Pria berusia 28 tahun ini meminta maaf dan merasa malu karena terpleset kata 'terkontrol' menjadi alat kelamin.

Ustaz Syam (Foto: Instagram/@lambenyinyir_official)

"Di video ini saya mau klarifikasi dan minta maaf. Karena... Gue malu banget woi," kata Ustaz Syam di Tik Tok, dikutip Senin (7/6/2021).

Ustaz Syam mengaku khilaf karena tidak melakukan pemanasan mulut sebelum melakukan ceramah yang disiarkan langsung di acara televisi.

"Astagfirullah, itu karena kekurangan atau tidak pemanasan mulut dulu," tuturnya.

"Kalau kita mau ngomong panjang atau di depan umum, bukan hanya berdoa supaya diberikan kelapangan dada, ilmu, dimudahkan urusan. Tapi juga prakteknya, latihan brrrrr....," kata Ustaz Syam memaparkan.

Selama 6 tahun mengisi acara di Islam itu Indah, Ustaz Syam mengaku ini kejadian yang paling tak bisa dilupakan.

"Subhanallah dan itu terjadi. 6 tahun berkarier di Islam itu Indah, itulah yang paling fatal. Mohon maaf kepada teman-teman sekalian," tuturnya.

"Kepada teman-teman masih ngupload, tolong lah, malu banget gue, FYP banget itu. Tapi warga Tik Tok, asyik sih nggak ada yang menghujat," ucap Ustaz Syam.

Klarifikasi Ustaz Syam dibagikan ulang di akun gosip @lambenyinyir_official. Mereka memaklumi Ustaz Syam yang terpleset kata 'terkontrol' menjadi alat kelamin.

"Anjir dia bahas soal kata-kata, eh kata-kata dia sendiri yang salah. Yang sabar ya tad," tulis akun @sur***

"Seketika dia menasehati dirinya sendiri. Tapi nggak apa-apa pak memang unsur tidak sengaja dan bisa terjadi," kata akun @nanikwina****