Asal-usul dan Seluk-beluk Klepon yang Tengah Trending Lagi

ERA.id - Belakangan klepon ramai jadi perbincangan di media sosial. Terlepas pro dan kontranya, camilan yang umumnya berbahan kelapa, tepung beras, pandan wangi dan gula aren ini memang menjadi salah satu kuliner legenda di Indonesia.

Seperti dikutip dari akun Facebook Komunitas Bambu, mengutip buku resep masakan Mustika Rasa, menyebut jika Presiden ke-1 RI, Soekarno, mengusulkan klepon sebagai asupan pangan ketika krisis melanda.

Buku Mustika Rasa juga menampilkan tiga resep klepon yang setidaknya ada di Nusantara yakni klepon Madura, klepon ubi jalar, dan klepon singkong (Wonosobo).

Klepon berbentuk bulat dalam berbagai ukuran. Selain dari terbuat dari tepung ketan, jajanan ini juga bisa dibuat dari singkong. Kemudian klepon hijau digulung di atas parutan kelapa muda hingga menempel merata.

Kombinasi ini menghasilkan rasa yang bertahap, dari manisnya kelapa parut, manisnya adonan beras ketan, puncak manisnya ada di lelehan gula merah.

Biasanya di kota besar seperti Jakarta, klepon dapat Anda temui bersama dengan jualan kue putu bambu. Di pasar-pasar di daerah Jawa Tengah, biasanya klepon yang dijual bersama getuk dan cenil.

Camilan ini memang sekarang kalah popular dibanding kue dan roti modern, termasuk yang sedang viral dari negeri gingseng.

Meski begitu upaya untuk mengangkat kembali klepon sebenarnya tetap ada, salah satunya adalah lewat klepon tart. Sesuai namanya, inovasi kue tersebut berbentuk tart dengan citarasa dan bahan-bahan khas klepon, yakni tepung ketan, gula jawa, dan parutan kelapa.