Covid-19 Varian Delta Lebih Cepat Menular, Jaga Imunitas Tubuh dengan 5 Resep Minuman Alami

ERA.id - Covid-19 varian delta asal India disebut lebih berbahaya dan cepat menular. Dikutip NBC News, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan varian delta adalah jenis virus corona tercepat dan terkuat yang diidentifikasi sejauh ini.

Satu orang yang terinfeksi varian Delta dapat menularkan virus yang sama ke 7-8 orang lainnya. Hal ini tentu harus menjadi kewaspadaan bagi masyarakat. Untuk mencegah Covid-19 akibat penularan varian delta, sebaiknya tetap menaati prosedur kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah mengonsumsi minuman herbal. Dilansir dari News18, minuman alami yang terbuat dari tanaman herbal tak hanya meningkatkan imunitas tubuh, melainkan mengatasi beberapa masalah kesehatan. Berikut 5 resep minuman alami yang bisa dibuat di rumah.

1. Teh kunyit

Teh kunyit (Foto: Instagram/@teaevolve)

Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin. Ini memodulasi sistem kekebalan tubuh dengan sifat anti-inflamasi yang kuat, hingga membantu dalam peradangan dan nyeri. Seperti namanya, maka dari itu siapkan kunyit, madu, dan lemon. Rebus kunyit dengan air selama 15-20 menit. Lalu, sajikan hangat dengan lemon dan madu secukupnya.

2. Teh masala

Teh masala (Foto: Instagram/@aymatveeva)

Semua bahan dari teh masala mudah didapatkan. Teh masala bisa dibuat dengan menyiapkan bahan seperti rebusan parutan jahe, kayu manis, merica, cengkeh, kapulaga, dan daun tulsi. Teh tidak hanya anti-mikroba dan anti-inflamasi, tetapi juga kaya akan senyawa yang mencegah infeksi.

Fitonutrien yang ada dalam madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Untuk membuatnya, kamu bisa campurkan semua bahan dan dimasak selama 30 menit. Lalu, tambahkan sedikit madu dan nikmati selagi masih hangat.

3. Smoothie Hijau

Smoothie Hijau (Foto: Instagram/@greenlatte1031)

Smoothie hijau yang sehat dan lezat ini sangat cocok untuk musim panas. Ini mengandung Vitamin A, Vitamin C, asam folat, antioksidan yang baik mencegah peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi. Siapkan bahan seperti bayam, mangga atau nanas, jus lemon, jahe yang baru dicincang, susu almond dan yoghurt. Campur semuanya dalam mixer dan bisa sajikan dingin.

4. Limun Madu

Limun madu (Foto: Instagram/@dashofjazzblog)

Minuman bisa mengobati gejala sakit tenggorokan dan batuk. Tetapi, minuman menjaga saluran pernapasan agar terhidrasi. Rebus air hingga menambahkan jahe parut, batang kayu manis satu inci, tiga siung bawang putih cincang, satu sendok teh jus mint dan jus lemon. Saat tercampur, dinginkan selama beberapa menit dan tambahkan madu.

5. Kadha

Kadha (Foto: Pexels/Mareefe)

Kadha buatan sendiri yang disiapkan dengan bahan dapur umum adalah salah satu minuman paling tradisional yang sering dikonsumsi orang untuk meningkatkan kekebalan. Selain itu, kadha angat bermanfaat untuk melawan pilek dan batuk. Ini juga mengobati gangguan pernapasan. Ini disiapkan dengan merebus kemangi, cengkeh, kayu manis, jahe, biji karom, kunyit dan lada hitam. Kamu juga bisa menambahkan madu atau jaggery untuk menambah rasa.