Anies Cek Stok Peti Jenazah Pasien COVID-19, Eko Kuntadhi: Tipe Pemimpin yang Lebih Fokus pada Kematian

ERA.id - Aksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengecek kesiapan petugas dan stok peti jenazah untuk pasien COVID-19 dikritik oleh pegiat media sosial, Eko Kuntadhi.

Menurut Eko, mantan Mendikbud itu merupakan pemimpin yang lebih fokus pada kematian daripada penyelamatan kehidupan warganya.

"Ada pemimpin yang fokus pada penyelamatan kehidupan. Ada juga type pemimpin yang lebih fokus pada kematian," kata Eko Kuntadhi di akun Twitternya.

Dalam video berdurasi 30 detik itu yang diungga Eko, tampak Anies Baswedan sedang memegang peti jenazah sembari berbincang dengan seorang petugas.

"Mengecek kesiapan petugas dan stok peti jenazah," demikian tertulis dalam keterangan video tersebut.

Tertera pula lokasinya yakni di Mabes Palang Hitam Jakarta yang berada di bawah Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta.

Palang Hitam sendiri merupakan istilah bagi "pasukan" yang bertugas mengurus orang meninggal.

Untuk diketahui, Kasus Covid-19 di Jakarta pada Minggu (4/7/2021) kembali mencapai puncak rekor tertinggi selama pandemi. Berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan DKI terdapat 10.485 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta naik sejumlah 4.611 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 86.994 orang yang masih dirawat isolasi. 

Sedangkan jumlah kasus konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 500.595 kasus. Dari total kasus positif Covid-19 tadi, sebanyak 484.949 orang dinyatakan sembuh, dengan tingkat kesembuhan 83,5 persen. 

Total 8.652 orang meninggal dengan tingkat kematian 1,5 persen. Sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 2,7 persen.