Angka Kematian Tinggi, Pemkot Solo Siapkan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

ERA.id - Pemkot Solo menyiapkan tempat pemakaman umum (TPU) khusus untuk jenazah COVID-19, sebab meningkatnya angka kematian akibat COVID-19. 

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, Sabtu (10/7). Menurutnya Kota Solo punya 5 TPU sekarang, yakni Bonoloyo, Daksinoloyo, Purwoloyo, Pracimaloyo dan Untoroloyo.

Dari kelimanya, hanya TPU Purwoloyo yang kondisinya masih lapang, sedangkan TPU makin sempit lahannya. 

”Makanya di TPU Purwoloyo kami siapkan lahan untuk 2.000 badan yang dikhususkan untuk pemakaman COVID-19. Ada di sisi paling timur,” kata Ahyani. 

Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo, Gunawan Adi Pratio mengatakan di bulan Juli ini, pada pekan pertama, sudah ada sebanyak 129 pemakaman khusus COVID-19.

Padahal jika dilihat dari data, selama bulan Januari hingga Juni tidak ada lonjakan signifikan. Pada Januari, pemakaman COVID-19 tercatat 186 pemakaman, kemudian Februari hanya 87 pemakaman, Maret sebanyak 61 pemakaman, April 42 pemakaman, Mei 44 pemakaman dan Juni 160 pemakaman. 

"Tapi pekan pertama bulan Juli ini sudah ada 129 pemakaman. Baru pekan pertama, tapi sudah sangat banyak," katanya. 

Saat ini kondisinya para petugas penggali makam di TPU merasa kelelahan. Untuk itu, Pemkot Solo memutuskan untuk merekrut tenaga pembantu. 

”Sebab mereka tidak hanya melayani pemakaman COVID-19 saja, tapi juga yang non COVID-19. Jadi bisa dibayangkan mereka pasti sangat kelelahan. Apalagi kalau pemakaman COVID-19 mereka harus pakai APD,” jelasnya.