DPR Bocorkan Rencana Agenda Sidang Tahunan 2021 di Tengah Pandemi COVID-19

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI membocorkan rencana agenda sidang tahunan yang biasanya digelar sebelum perayaan Hari Kemerdekan Republik Indonesia. Namun, sidang tahunan kali ini, masih akan digelar di tengah situasi pandemi COVID-19.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan, sidang tahunan 2021 akan dilaksanakan secara minimalis dan sederhana.

"Informasi ini masih ekslusif, belum bisa disampaikan ke publik. Sidang tahunan ini akan sangat minimalis dan akan sangat sederhana, tata caranya, semuanya," kata Indra kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Indra menyebut, keputusan mengenai teknis pelaksanaan sidang tahunan 2021 akan diputuskan paling lambat pada Kamis (22/7). Meski begitu, Indra mengatakan, ada kemungkinan sidang tahunan hanya dihadiri oleh level pimpinan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI saja. Sementara anggota parlemen akan hadir secara virtual.

"Kemungkinan yang menghadiri hanya level pimpinan, semua anggota DPR, DPD itu kemungkinan besar hanya melalui virtual. Ke publik memang belum kita sampaikan tapi tahun ini sangat minimalis sekali pelaksanaannya," kata Indra.

Sementara untuk peliputan sidang tahunan, Indra mengatakan, pihak parlemen akan memanfaatkan teknologi untuk menyiarkan secara daring. Dokumentasi foto juga hanya akan dibagikan dari pihak DPR RI.

"Peliputan juga kita, kita menggunakan streaming dan fotografer yang akan kita tunjuk karena di dalam itu nggak boleh ada lalu lalang dan pergerakan. Sangat ini sekali, nanti bukan cuma tv pool, tapi untuk fotografernya pun dari kita yang akan di-share ke semua media," pungkasnya.