Viral Sebut Helikopter Bawa Bendera Komunis China, Netizen: Ngerekam Narasinya Ngawur

ERA.id - Beredar sebuah video di Tiktok bendera kesatuan TNI tiga matra berukuran Raksasa disangka bendera China.

Bendera TNI raksasa yang dikira punya negara Komunis itu, ditarik dengan helikopter saat latihan di Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Dalam video yang heboh, seseorang yang berada dalam bis melihat bendera kesatuan TNI tersebut sambil berteriak bendera Komunis.

"Ni maksudnya apa nih, ada bendera Komunis ditarik sama helikopter," ujarnya sambil merekam seperti dikutip dari infokomando, Rabu (4/8/2021).

Admin Infokomando pun meluruskan hal tersebut lewat sebuah postingan.

"Ngerekam narasinya ngawur, si akang kayanya perlu pake kaca mata, bendera Cina dari mana, itu lambang TNI, dibawahnya 3 lambang Matra," tulis admin infokomando.

Dilansir dari akun Instagram Militer Udara, pengibaran bendera raksasa tersebut dalam rangka latihan pengibaran bendera merah putih untuk peringatan HUT RI ke 76 RI.

Dalam keterangan resmi TNI AU, peringatan HUT ke-76 RI, Helikopter TNI AU Akan Kibarkan Bendera Merah Putih Ukuran Raksasa.

Pada puncak peringatan HUT ke-76 RI tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, TNI Angkatan Udara akan mengibarkan bendera Merah Putih ukuran raksasa (20x30 Meter) menggunakan pesawat helikopter di atas langit Jakarta.

Sejak kemarin, Senin tanggal 2 Agustus 2021, sejumlah helikopter TNI AU telah melaksanakan latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor. Latihan ini akan berlangsung selama 5 hari ke depan.

Pada latihan ini, pesawat-pesawat helikopter TNI AU terbang dengan membawa bendera ukuran raksasa, yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI (Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan latar kain berwarna merah.

Adapun helikopter yang akan turut dalam kegiatan ini adalah pesawat NAS-332 Super Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal Skadron Udara 8.