Jokowi Guyur Bonus Atlet Olimpiade Miliaran: Apa Perlu Saya Sebut, Tapi Nggak Apa-apa Ya

ERA.id - Presiden Joko Widodo menerima para atlet Indonesia yang berhasil meraih di ajang Olimpiade Tokyo 2020 di halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan bonus sebagai penghargaan dan apresiasi untuk para atlet yang membela Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

"Atas prestasi yang saudara raih, pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus," ujar Jokowi.

Awalnya, Jokowi enggan menyebut nominal bonus yang diterima para atlet mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19. Namun, akhirnya dia pun membocorkannya.

Untuk atlet peraih mendali emas akan diberikan bonus sebesar Rp5,5 miliar. Peraih medali perak diberi bonus sebanyak Rp2,5 miliar, dan peraih medali perunggu mendapat bonus sebanyak Rp1,5 miliar.

Untuk diketahui, Indonesia yang mengirimkan 28 atletnya ke Olimpiade Tokyo 2020 sukses membawa pulang 5 medali melalui cabang olahraga angkat besi dan bulu tangkis.

Dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia merebut 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Emas dipersembahkan oleh Greysia/Apriyani dan perak diberikan oleh Eko Yuli Irawan. Sementara itu tiga perunggu didapat oleh Windy Cantika Aisah, Rahmat Erwin Abdullah, dan Anthony Ginting.

Selain para atlet peraih medali, Jokowi juga memberikan bonus kepada para pelatih dan juga atlet yang ikut bertanding di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih kemudian para atlet no peraih medali juga diberikan. Cukup gede, tapi nggak usah saya sebut," kata Jokowi.

"Semoga prestasi yang anda raih dapat menjadi inspirasi dapat menjadi teladan, dorongan dan motivasi bagi atlet dan masyarakat kita semua agar terus kerja keras, berprestasi, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," pungkasnya.