Viral Soal Childfree, Berikut 5 Alasan Orang Memilih untuk Tidak Memiliki Anak

ERA.id - Belakangan topik soal childfree atau keputusan untuk tidak memiliki anak menjadi perbincangan yang hangat di media sosial. Mengenai childfree ini banyak menimbulkan perdebatan antara orang pro dan kontra, terlebih di Indonesia sendiri di mana hal ini masih begitu tabu.

Sebenarnya, childfree merupakan keputusan pribadi pasangan yang sudah melewati banyak pertimbangan diskusi. Inilah beberapa alasan pasangan yang sudah menikah memilih untuk tidak memiliki anak, dilansir dari Fairygodboss.com.

1. Memang tidak memiliki keinginan menjadi orang tua

Alasan pertama pastinya adalah orang yang memutuskan untuk childfree memang sudah memutuskan hal itu sebagai jalan hidupnya. Perlu diketahui, tidak semua orang ingin menjadi orang tua. Sebagian orang merasa sudah penuh hidupnya tanpa kehadiran anak.

2. Memandang pernikahan tidak sebatas sarana memiliki keturunan

Alasan orang untuk childfree (Foto: Unsplash.com/jonathan)

Tak sedikit orang berpikir bahwa dengan menikah haruslah memiliki keturunan atau anak. Namun, tentu saja hal ini tidak mutlak karena setiap orang yang menikah memiliki tujuan mereka masing-masing.

Orang yang memilih untuk childfree percaya bahwa pernikahan tidak hanya sekedar sarana untuk memiliki keturunan. Mereka memandang pernikahan lebih dari itu dan punya tujuan lain yang ingin dicapai.

3. Lingkungan yang ditinggali

Keputusan untuk childfree juga tidak terlepas dari alasan akan lingkungan yang ditinggali. Menurut mereka menambah populasi manusia di bumi ini bukanlah hal bijak, di mana kini populasi manusia sudah semakin banyak.

Tak hanya itu, keadaan lingkungan dan alam yang makin rusak, mulai dari perubahan iklim, bencana dan lainnya membuat mereka memilih untuk tidak membawa manusia baru ke dunia dan merasakan hal itu.

4. Biaya membesarkan anak yang tidak sedikit

Alasan selanjutnya yang tidak bisa dipungkiri adalah biaya untuk merawat seorang anak. Untuk memiliki anak, seseorang harus sudah siap mulai dari biaya mengandung, melahirkan, hingga membesarkan anak bersama pasangannya.

Bagi orang yang memilih untuk childfree menganggap bahwa biaya yang dikeluarkan untuk anak adalah hal yang besar, sehingga memutuskan untuk childfree.

5. Memiliki trauma

Alasan orang untuk childfree (Foto: Unsplash.com/zach)

Terakhir, alasan seseorang memilih untuk childfree adalah karena memiliki trauma di dalam hidupnya. Orang yang memiliki masa kecil traumatis terkadang memilih untuk tidak memiliki anak karena merasa takut sang anak mengulang kejadian menyedihkan yang mereka alami.

Mereka mungkin tidak mendapat pelajaran mengasuh anak yang baik dari orang tua sendiri, atau mereka memiliki gagasan yang berbeda akan seperti apa seharusnya sebuah keluarga. Hal ini membuat keputusan untuk tidak memiliki anak adalah pilihan yang benar.

Itulah beberapa alasan seseorang atau pasangan memilih untuk childfree atau tidak memiliki anak. Jadi, bagaimana menurut kamu?