Ini Nih, Strategi Buat Lolos SBMPTN

Jakarta, era.id - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan berakhir hari ini, 27 April 2018 pukul 22.00 WIB.  Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyarankan peserta untuk memilih program studi (prodi) yang berbeda tingkat keketatannya, di kampus yang berbeda. Hal ini agar peluang diterimanya peserta menjadi lebih besar. 

"Kami menyarankan agar peserta memilih tiga program studi yang berbeda tingkat keketatannya agar peluang untuk diterima lebih baik," ujar Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Intan Ahmad, dilansir dari Antara, Jumat (27/4/2018). 

Prodi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.

Peserta dapat memilih prodi sebanyak-banyaknya tiga prodi, dengan ketentuan jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Sedangkan jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum. Terakhir, jika prodi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.

"Tingkat keketatan program studi di perguruan tinggi tentu saja berbeda untuk tiap PTN. Misalnya tingkat kedokteran di kampus X akan berbeda dengan kampus Y atau Z." ujar Intan. 

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Pelaksanaan ujian sendiri akan dilangsungkan pada 8 Mei 2018. Sedangkan ujian keterampilan dilangsungkan pada Rabu dan/atau Jumat pada 9 dan/atau 11 Mei 2018.

Tag: ujian nasional unbk