Suara Azan Diremix di Acara TV Korsel Street Woman Fighter, #Mnetapologize Menggema, Netizen Murka!

ERA.id - Stasiun televisi Korea Selatan, Mnet kembali menuai kontroversi. Kali ini Mnet diminta minta maaf usai dituding memakai suara azan yang sudah diremix untuk program Street Woman Fighter.

Suara azan tersebut terdengar di pembukaan Street Woman Fighter pada detik ke 00:57 hingga menit ke 01:40.

Dalam video yang diunggah Mnet di akun YouTube, terlihat Kang Daniel sebagai MC memasuki ruangan dengan iringan suara azan yang diremix.

Netizen yang menyadarai hal tersebut pun langsung menyadari adanya kesalahan besar yang dilakukan Mnet. Bahkan tagar #Mnetapologize menggema di media sosial untuk menuntut permintaan maaf tersebut.

Tuntutan permintaan maaf tersebut harus dilakukan oleh Mnet sebab suara azan bukanlah musik yang boleh diremix. Azan merupakan sebuah panggilan untuk umat muslim beribadah dan kesalahan yang dilakukan Mnet dinilai melecehkan umat muslim.

"Bagi mereka yang tidak tahu Adzan adalah panggilan suci untuk berdoa bagi umat Islam dan karena doa itu memuji nama Allah, memasukkannya ke dalam intro pertunjukan acak berarti tidak menghormati kesuciannya," tulis akun @luotianguo.

Netizen juga menilai bahwa kesalahan Mnet yang memakai lambang agama sebagai konten hiburan bukanlah kali pertama yang dilakukan. Atas kejadian ini, Mnet pun dibanjiri kritik dan tuntutan permintaan maaf yang terus mengalis di media sosial.

Kendati demikian sebagian netizen lainnya menemukan sebuah sumber dari suara azan remix tersebut bukanlah buatan Ment. Neter menemukan bahwa remix azan itu berasal dari band Inggris, LOSERS. Band tersebut pernah merilis "Azan" di tahun 2010 dan dimuat di dalam album mereka bertajuk Beautiful Losers.

Terlepas dari asal lagu tersebut, penonton muslim tetap menuntut Mnet membuat pernyataan atas tindakan mereka. Hingga kini belum ada tanggapan atau pun klarifikasi dari pihak Mnet mengenai penggunaan remix azan tersebut.

Acara Street Woman Fighter sendiri merupakan program survival show terbaru yang dirilis oleh Mnet. Di dalam acara tersebut para kontestan saling memperlihatkan kemampuan menari terbaiknya. Bahkan acara ini juga diikuti oleh tim dance wanita papan atas di Korea Selatan.