Viral Video Ustaz Sofyan Chalid Larang Umat Muslim Wisata ke Candi Borobudur: Hukumnya Haram

ERA.id - Sebuah video mengenai larangan umat Muslim mendatangi Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah beredar luas di media sosial.

Video Ustaz Sofyan Chalid berpendapat wisata ke Borobudur hukumya haram viral di media sosial.

Video tersebut merupakan video lawas yang kembali viral oleh akun channel YouTube Bismillah Everything.

Video itu diposting dengan judul "Haram hukumnya berwisata ke Candi Borobudur-Ustazd Sofyan Chalid Ruray". Dalam video tersebut tampak Ustaz Soyan Chalid tengah membacakan pertanyaan dari selembar kertas yang ia pegang.

Seseorang bertanya kepada Ustaz Sofyan mengenai hukum umat Muslim mengunjungi rumah ibadah agama lain diperbolehkan atau tidak.

"Hukumnya haram karena itu termasuk ke persetujuan kepada peribadahan mereka. Makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama mereka," jawab Ustaz Sofyan.

Menurutnya, kehadiran umat Islam di sana sama saja menyetujui terhadap mereka, tempat peribadahan orang kafir meskipun hati tidak setuju.

"Karena dalam firman Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka, maka seperti mereka. Sebab hadirnya kita di situ otomatis kita meyakini kepercayaan mereka," sambungnya.

Ustaz Sofyan juga mewanti-wanti umat Muslim tidak berkunjung ke rumah ibadah agama lain.

"Kalau kita datang ke tempat ibadah orang kafir, sama saja kita setuju dengan ajaran mereka. Kecuali untuk satu tujuan, mau membubarkan orang yang sedang ibadah kepada selain Allah," ucapnya.