Selain Cantik, 5 Ikan Akuarium Ini Dipercaya Membawa Keberuntungan

ERA.id - Pandemi Covid-19 membuat segala aktivitas masyarakat berubah. Mulai dari hobi memasak, merajut, memelihara tanaman hias, hingga ikan. Bahkan, saat ini penggemar ikan hias semakin meningkat. Selain mempercantik rumah, merawat ikan hias membawa ketenangan.

Jenis ikan yang dipelihara juga beragam. Banyak orang juga percaya memelihara ikan bisa membawa keberuntungan. Tak semuanya, ada sejumlah ikan dipercaya membawa keberuntungan. Dilansir dari kanal YouTube Arsipedia, berikut 5 ikan akuarium dipercaya memberikan keberuntungan untuk seluruh penghuni rumah.

1. Ikan louhan

Ikan louhan (Foto: Instagram/@kakaaquarium)

Ikan louhan dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi siapa saja yang merawatnya sejak dulu. Maka dari itu, banyak orang memilih merawat ikan ini, baik di kolam maupun akuarium di rumahnya. Selain dipercaya membawa keberuntungan, ikan louhan banyak dipelihara karena bentuknya yang unik dengan dahi yang menonjol.

2. Ikan dewa

Ikan dewa yang banyak terdapat di kolam Cibulan, Kuningan, Jawa Barat, dipercaya sebagai jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk karena tidak setia. Menariknya, jenis ikan air tawar ini sangat sulit ditemukan di daerah lain dan menjadi ikan khas Indonesia. Siapa saja yang merawat ikan dewa harus rutin membersihkan air kolam atau akuarium karena ikan ini dapat hidup dengan baik hanya di dalam air bersih.

3. Ikan arwana

Ikan arwana (Foto: Instagram/@ikanarwanasuperred)

Ikan arwana yang juga dikenal dengan nama dragon fish ini dipercaya sebagai perwujudan dewi khayangan atau Dewi Kwan Im. Ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan ikan hias lainnya. Selain dipercaya membawa keberuntungan, ikan ini juga merupakan ikan purba yang sudah mengalami regenerasi beribu-ribu tahun. Memelihara ikan arwana jenis red tail gold di dalam rumah dipercaya bikin suasana rumah menjadi lebih tenang.

4. Ikan mas koki

Selain berwarna emas, ikan mas koki memiliki warna yang beragam seperti merah, oranye, putih, kuning, hitam, dan calico. Merawat ikan mas koki cukup mudah, cukup berikan makanan yang disukainya yakni serangga, krustasea, serta tumbuhan air. Pastikan tidak berlebihan dalam memberikan pakan karena dapat menyumbat saluran pencernaan dan bisa membuat air akuarium menjadi keruh.

5. Ikan koi

Ikan koi (Foto: Instagram/@koikichijapan)

Ikan koi berasal dari bahasa Jepang, nishikihgoi yang berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Ikan koi memiliki corak dan warna yang cantik. Di Jepang, ikan ini juga identik dengan kasih sayang dan cinta. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Ikan koi seringkali dipelihara untuk memperindah akuarium ataupun kolam diharapkan dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Beberapa jenis ikan koi yang populer adalah yang memiliki warna putih, oranye, hitam, dan merah.