Survei Indikator, PDIP Paling Loyal Dukung Jokowi

This browser does not support the video element.

Jakarta, era.id - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi mengatakan, PDI Perjuangan menjadi partai paling loyal dalam mendukung Joko Widodo. 

Hal itu ditunjukan dari dukungan terhadap kebijakan yang dibuat Jokowi dan langkahnya politiknya dalam mendukung Jokowi sebagai calon presiden 2019.

"Suka tidak suka, publik lebih banyak memberikan kreditnya pada PDIP," kata Burhanudin di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018).

Sedangkan, partai pendukung Jokowi yang lain tidak dikenal oleh responden. "Misalnya Nasdem, Baru 3 dari 10 orang yang tahu kalau Nasdem memberi dukungan kepada Jokowi," ujar Burhanudin.

Asumsi itu terlihat dari survei Indikator Politik yang dilakukan per Maret 2018 dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan metode simple random sampling.

Salah satu pertanyaan survei tatap muka ini adalah, partai yang mendukung Jokowi. Hasilnya, PDIP mendapatkan 58 persen, Nasdem 9 persen, Golkar 3 persen, PKB 2 persen, PAN 1 persen, dan Hanura 1 persen.

Asumsi ini muncul, kata Burhanudin, partai pendukung Jokowi banyak yang tidak dikenal karena cenderung memasang iklan hanya di kota, sehingga tidak menyentuh mereka yang di perkampungan. 

Dari survei ini pula diketahui elektabilitas PDIP berada di urutan teratas. PDIP mendapatkan 27,7 persen; Partai Gerindra 11,4 persen; Partai Golkar 10 persen; Partai Demokrat 6,6 persen; PKB 5,8 persen; 

Partai Perindo 4,6 persen; PKS 4 persen; PPP 3,5 persen; Partai Nasdem 2,7 persen; PAN 1,9 persen; Partai Garuda 0,7 persen; Partai Hanura 0,5 persen; PBB 0,3 persen; Partai Berkarya 0,3 persen; PSI 0,2 persen; dan lain-lain 0,1 persen.

Tag: sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto golkar nasdem jokowi