Airlangga Akui Partai Golkar Akan Terus Bantu Azis Syamsuddin

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku, pihaknya akan terus memberikan bantuan kepada Azis Syamsuddin yang sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Airlangga juga berharap Azis dapat berkonsentrasi penuh menyelesaikan masalah hukumnya.

"Sebagai keluarga besar kita akan terus membantu dan diharapkan beliau bisa menangani dengan konsentrasi," kata Airlangga di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Secara khusus, Airlangga menyampaikan rasa prihatinnya terhadap Azis yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Airlangga menyebut Azis sudah terpilih sebagai anggota DPR selama empat periode berturut-turut. Azis pertama kali melenggang ke Senayan pada tahun 2004 lalu.

"Dalam kesempatan ini kami juga berprihatin dengan yang terjadi dengan Pak Azis Syamsuddin. Pak Azis ini sudah terpilih menjadi anggota DPR empat kali," kata Airlangga.

Seperti diketahui, Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK setelah memberi suap sebesar Rp3,1 miliar dari janjinya sebesar Rp4 miliar kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju yang menjadi makelar kasus dibantu pengacara Maskur Husein.

Suap ini diberikan Azis bersama dengan mantan Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aliza Gunado. Hanya saja, Aliza saat ini belum ditetapkan sebagai tersangka.

Azis sendiri sudah menyampaikan surat pengunduran dirinya dari jabatan Wakil Ketua DPR RI. Keanggotannya di Partai Golkar juga dinonaktifkan. Adapun Partai Golkar telah menunjuk Sekeetaris Jenderal Lodewijk F. Paulus untuk menggantikan Azis sebagai wakil ketua DPR RI.