WhatsApp dan Instagram Down, Facebook Ikutan Tumbang, Ini Penjelasan Resmi Manajemen

ERA.id - WhatsApp, Facebook, hingga Instagram down secara bersamaan pada Senin Malam (5/10/2021). Hal ini membuat pengguna aplikasi milik Mark Zuckerberg mengeluh di Twitter.

Dilihat ERA.id, tagar Instagram Down, WhatsApp, hingga Mark Zuckerberg pun jadi trending topic di media sosial Twitter.

Tak hanya di Indonesia dan Asia Tenggara, kabar WhatsApp, Facebook, hingga Instagram Down juga dikeluhkan pengguna di berbagai negara di dunia.

Hingga berita ini diturunkan, ada sekitar 2,39 juta netizen yang mengeluhkan WhatsApp Down di Twitter, 199 ribu mengetweet soal Instagram Down, dan 98,8 ribu menyebut nama Mark Zuckerberg.

Kami mencoba mengirim teks ataupun foto via WhatsApp tidak ada yang bisa terkirim. Sementara feed di Instagram pun tidak bisa di-refresh dengan tulisan "couldn't refresh feed."

Belum ada keterangan resmi apa penyebab WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara bersamaan. Namun, hal ini mendapat keluhan beragam dari warganet. 

Namun, WhatsApp, Facebook, dan Instagram memberikan penjelasannya masing-masing di akun Twitternya menanggapi keluhan pengguna.

"Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini, dan Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakannya. Bersabarlah bersama kami, kami siap!#instagramdown," cuit Instagram.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," cuit Facebook.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!" cuit WhatsApp.

Meski begitu, tumbangnya WhatsApp, Instagram, hingga Facebook ini mendapat respons beragam dari warganet.

"Mark zuckerberg kalau ngambeg gak tanggung-tanggung, bikin rame sedunia. whatsapp instagram facebook eror semua," kata akun Twitter @rizk***.

"Udah semangat mau kirim ini ke grup WhatsApp tapi rupanya eror," cuit akun @its_glady***.

"Pantesan dari tadi mau upload story kaga bisa, ternyata Whatsapp sama Instagram tumbang berjamaah," kata akun @Rabbian***.