Kode Keras Anies Mau Keliling Indonesia Usai Jabatannya Habis di DKI, Tanda Mau Nyapres?

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, masa jabatannya sebagai Gubernur akan berakhir pada 2022. Dia mengatakan, setelah pensiun memimpin Ibu Kota, rencananya Anies akan berkeliling Indonesia menikmati kebebasan setelah lima tahun menjadi 'tahanan kota'.

"Jadi, saya ingin kalau boleh, kemarin kan tahanan kota lima tahun, jadi habis itu kalau sudah ya saya keliling saja, kemana-mana di Indonesia," kata Anies dalam acara PAN yang dikutip dari kanal YouTube PAN TV pada Rabu (6/10/2021).

Anies mengatakan, saat ini masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta masih tersisa satu tahun lagi. Di sisa waktu itu, dia ingin menuntaskan kewajibannya dan menyelesaikan amanah yang diberikan rakyat kepada dirinya.

"Ini (jabatan gubernur) dituntaskan. Bisa lapor pada umat, pada masyarakat, amanah ini sudah saya jalankan dengan baik, tuntas," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu awalnya mengaku, selama menjadi gubernur memang kerap mendapat keluhan dan kritikan dari masyarakat. Namun, menurutnya hal itu adalah paket yang harus diterima setelah seseorang bersedia menjadi pejabat publik.

Dia mengatakan, pemerintah merupakan jabatan publik harus mampu menghadirkan perasaan kesetaraan, keadilan, dan kebersamaan lebwat program-program yang dibentuk untuk rakyat.

"Ini paket, kalau menjadi pejabat publik harus siap jadi kotak pos kritik. Kalau tidak mau menerima keluhan, tidak mau terima politik ya di rumah saja, urus burung dan rumah tangga. Kan saya pelihara burung," katanya.