Sedih! Viral Gorila Mati di Pelukan Pengasuhnya: Aku Mencintainya Seperti Anak Kecil

ERA.id - Seekor gorila gunung bernama Ndakasi mati di dalam pelukan pengasuhnya. Gorila kesayangan Taman Nasional Virunga Kongo itu mati setelah sakit dalam waktu yang lama.

"Pada malam 26 September, setelah penyakit berkepanjangan di mana kondisinya memburuk dengan cepat, Ndakasi mengembuskan napas terakhirnya dalam pelukan penuh kasih dari pengasuh dan teman seumur hidupnya, Andre Bauma," kata pernyataan resmi Taman Nasional Virunga Kongo.

Ndakasi sebelumnya dirawar di Senkwekwe Center selama lebih dari 10 tahun. Dia meninggal pada akhir September saat usianya 14 tahun. Semasa hidupnya Ndakasi telah ditampilkan dalam beberapa acara televisi dan film, termasuk film dokumenter Netflix 2014, Virunga.

Dia juga menjadi hewan viral setelah berfoto selfir untuk Hari Bumi 2019. Ketika itu Ndakasi berswafoto dengan Bauma sambil berdiri dengan menunjukkan senyum cerianya.

"Sifat lucu mereka adalah pengingat bagi dunia tentang betapa kita melihat diri kita sendiri pada hewan-hewan ini dan itu salah satu alasan Andre Bauma akan sangat merindukannya," kata taman itu.

Ndakasi menjadi yatim piatu pada tahun 2007 ketika dia baru berusia dua bulan setelah ibunya ditembak dan dibunuh oleh milisi bersenjata. Untungnya, penjaga menemukannya beberapa jam setelah tragedi itu dan membawanya ke pusat penyelamatan di Goma.

Di pusat penyelamatan itulah Ndakasi bertemu Bauma. Mereka pun menjadi sangat dekat satu sama lain dengan Bauma yang selalu menjaga, merawat, dan menyayangi Ndakasi.

Meski pun selamat dari milisi bersenjata, Ndakasi mengalami trauma atas kehilangan ibunya. Hal ini menyebabkan dia tidak bisa hidup kembali di alam liar. Ketika Senkwekwe Center didirikan pada tahun 2009, Ndakasi dan Ndeze dipindahkan ke sana dan tinggal di sana sejak saat itu.

Kedekatan antara Bauma dan Ndakasi ini membangun ikatan emosional yang sangat kuat. Bauma bahkan menganggap Ndakasi sebagai temannya dan mencintainya seperti anak kecil.

"Saya bangga menyebut Ndakasi sebagai temanku. Saya mencintainya seperti anak kecil dan kepribadiannya yang ceria membawa senyum ke wajah saya setiap kali saya berinteraksi dengannya. Dia akan dirindukan oleh kita semua di Virunga tetapi kita selamanya bersyukur atas kekayaan Ndakasi yang dibawa ke dalam hidup kita selama waktunya di Senkwekwe," ungkapnya.

Ndakasi sempat menghebohkan pemberitaan di tahun 2019 ketika dia berpose dengan gorila gunung yatim piatu lainnya, Ndaze dengan penjaga taman Mathieu Shamavu.

Dalam foto itu, kedua gorila tersebut tersenyum manis seolah tahu bahwa dirinya akan difoto. Taman Nasional Virunga pun membagikan foto tersebut ke Instagram dan mendadak viral.