Kisah Haru Perjuangan Ibu, Naik Motor Ratusan Kilo Demi Menemani Anak Ikut Tes CPNS

ERA.id - Belum lama ini sebuah foto yang menampilkan seorang ibu duduk di tangga viral di media sosial. Ia ternyata menemani anaknya ikut ujian tes CPNS Kejaksaan RI wilayah Aceh, Senin (27/9/2021).

Foto yang bikin haru itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @biropegkejaksaan.

"Terimakasih @kejati_aceh sudah memotret pemandangan indah ini.. admin, sampe gak bisa menahan air mata melihat perjuangan seorang ibu ini.. mudah2n ibu kita selalu diberi kesehatan, agar doanya selalu bisa menyertai langkah kita.. @kejaksaan.ri," tulis akun @biropegkejaksaan.

Belakangan diketahui, perempuan tersebut bernama Hasanah, anaknya yakni Chayruel Wahied. Mereka tinggal di Gampong Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Sedangkan lokasi ujian berada di Hotel Amel Convention Hall di Gampong Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Sekira orang tua dan anak itu menerabas jarak 200 kilometer dengan mengendarai sepeda motor demi ikut tes CPN. Intinya, mereka berangkat dari rumah pada pagi hari, dan baru tiba di Kota Banda Aceh sore harinya.

"Dua kali kami berhenti di jalan, istirahat. Kami jalannya pelan-pelan," tutur Hasanah pada Jumat (24/9/2021) di Banda Aceh, dikutip dari Serambinews.

"Kalau pergi dengan honda bisa menikmati perjalanan," ungkap Pensiunan guru PKN di SMPN 1 Kuala itu, dikutip dari Serambinews.com.

Setelah Hasanah menunggu hampir dua jam di tangga, Chayruel keluar dari ruang ujian. Ia langsung menghampiri ibunya yang duduk di sofa ruang tunggu.

Chayruel mengabarkan bahwa ia tidak lulus passing grade. Hasanah cuma membalas dengan senyum. Anaknya harus kuat, karena sudah berniat dan berusaha dengan maksimal untuk lulus.

Belakangan Hasanah bilang, ia selalu meluangkan waktu mendampingi semua anaknya mengikuti ujian. Baik anaknya yang masuk perguruan tinggi maupun mengikuti seleksi CPNS, seperti Chayruel Wahied.

"Semua anak saya, saya dampingi saat mereka ikut ujian. Tidak ada yang saya bedakan."

"Semua saya perlakukan sama. Mulai dari awal sampai mereka dapat pekerjaan," ungkap Hasanah.

Untuk diketahui, Hasanah dan suaminya H Muhammad Dan (65) yang kini menjadi pensiunan Kemenag Aceh Barat, punya empat orang anak.

Tiga perempuan dan satu laki-laki. Mereka ialah Fitry Hasdanita (29), Vebriana Setiadeny (27), Dedek Putry Maulidar (21), dan Chayruel Wahied (18).