Jenguk Bayi Idap Atresia Bilier, Kahiyang Ayu Terenyuh Dengar Cerita Sang Ibu

ERA.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istrinya Kahiyang Ayu menjenguk bayi yang mengidap penyakit langka penyumbatan empedu atau Atresia Bilier yang sudah dibawa ke RS Adam Malik Kamis (7/10/2021) malam.

Bayi perempuan berusia tujuh bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah itu kondisinya sangat memprihatinkan.

Kondisi perut anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia Medan, itu membesar akibat gangguan pada hati.

Ibunda sang bayi, Olivia Saridah menceritakan kepada Bobby dan Kahiyang bagaimana awal mula penyakit itu diderita buah hatinya itu.

Kata Olivia, menurut penjelasan pihak RS Pirngadi, tempat awal putrinya itu dirawat, Aiyla mengalami kelainan sejak lahir dengan kondisi tidak adanya saluran empedu.

Saat usia empat bulan tanda-tanda pembengkakan yakni bagian perut yang terus membesar yang diawali dengan mata menguning.

"Harusnya dioperasi pada usia 2 bulan, saat ini usia Aiyla sudah 7 bulan katanya sudah telat," kata Olivia kepada Bobby dan Kahiyang sambil menyeka air matanya.

Sejumlah opsi pun dibicarakan antara tenaga medis yang menangani dengan keluarga pasien. Di antaranya opsi transplantasi hati di Jakarta. Namun kesulitannya adalah menemukan pendonor.

Mendengar penjelasan ibunda Aiyla dan kondisi sang bayi, Kahiyang Ayu pun tak bisa menahan tangisnya dan turut merasakan kesedihan Olivia.

Setelah menjenguk bayi Aiyla, Bobby Nasution bilang bahwa biaya perawatan Aiyla ditanggung oleh Pemko Medan.

"Saat ini yang terus kita lakukan adalah mendoakan agar Aiyla diberi kesehatan, keluarganya diberikan kekuatan. Pembiayaan kita register ke Kota Medan," kata Bobby.

Sebelumnya dengan difasilitasi Bobby Nasution, bayi Aiyla langsung dibawa ke RS Adam Malik Kamis (7/10/2021) malam setelah sempat pulang dari RS Pirngadi akibat kendala biaya.

Bayi Aiyla dan keluarganya langsung diantar ke RS Adam Malik dengan ambulan dan langsung ditangani tim medis.