Akun Pemkot Solo Diretas, Ini Jawaban Gibran

ERA.id - Akun instagram resmi Pemkot Solo @pemkot_solo diretas tiga kali kali. Peretasan pertama diketahui Sabtu (9/10/2021) dini hari pukul 00.00 WIB. Hingga saat ini tim IT Pemkot Solo masih berusaha memulihkan akun instagram tersebut.

Terkait hal ini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan telah melaporkan hal ini pada pihak Facebook yang menjadi induk perusahaan Instagram. Ia juga telah menginstruksikan pada stafnya untuk melakukan penguatan password dengan cara sering diubah.

(Screenshoot Instagram)

”Itu emailnya juga diubah saja sekalian,” kata Gibran saat ditemui Sabtu (9/10/2021).

Saat ini persoalan peretasan ini tengah ditangani oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian kota Solo. Gibran juga memperkirakan persoalan ini akan selesai dalam sehari hingga dua hari kedepan. Dia juga tidak berniat membawa persoalan ini ke pihak kepolisian.

”Biasa, nanti sehari atau dua hari sudah balik lagi. Ngopo ndadak lapor polisi (Ngapain harus lapor polisi),” katanya.

Gibran mengakui jika selama ini sistem keamanan untuk IT di Pemkot Solo lemah. Bahkan dirinya menemukan beberapa persoalan saat awal menjabat sebagai Wali Kota Solo bulan Februari lalu.

”Iya, cyber security-nya perlu ditingkatkan. Ini masalah diretas, dulu awal saya duduk di Pemkot Solo, Diskominfo lupa password, bahkan akun kita ada yang hilang. Kan nganyelke (menyebalkan),” ucapnya.

Sebagai informassi sebelumnya Website Pemkot Solo juga diretas pada 14 April 2020 lalu. Namun peretasan hanya terjadi dalam beberapa menit dan hanya sekali saja.