Sempat Tegang Nonton Final Thomas Cup 2020, Jokowi: Indonesia Juara!

ERA.id - Presiden Joko Widodo membagikan pengalamannya saat memantau jalannya pertandingan final Indonesia melawan China dalam ajang Thomas Cup 2020 di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10).

Jokowi mengaku tegang saat menyaksikan laga final. Namun, kata dia, ketegangan berubah menjadi kegembiraan setelah melihat kemenangan Jonatan Christie yang turun ke lapangan di partai ketiga.

"Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah jadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir gim ketiga. Indonesia juara!" tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya @jokowi yang dikutip pada Senin (18/10/2021).

Melalui Instagramnya, Jokowi mengunggah video detik-detik Indonesia memenangkan pertandingan bulu tangkis atas China. Dia menyebut, kemenangan Indonesia ini menuntaskan penantian panjang selama 19 tahun lamanya.

"Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya," kata Jokowi.

Atas kemenangan itu, Jokowi menyampaikan selamat kepada para atlet dan pelatih yang sudah berjuang keras mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

"Dari tanah air, saya menyampaikan selamat kepada seluruh atlet bulutangkis Indonesia dan para pelatih yang telah berjuang dan mengharumkan nama bangsa di Ceres Arena, Aarhus, Denmark," kata Jokowi.

Indonesia tampil gemilang dalam pertandingan di ajang Thomas Cup 2020. Di babak final, Indonesia berhadapan dengan China.

Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyumbang angka untuk Tim Indonesia pada partai pembuka final Piala Thomas menghadapi China di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu malam WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Ginting menaklukkan Lu Guang Zu lewat rubber game yang berujung dengan skor 18-21, 21-14, 21-16 dalam waktu 1 jam 17 menit.

Pada partai kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menghadapi He Ji Ting/Zhou Hao Dong. Fajar/Rian tampil gemilang, mampu menang dua set langsung, 21-12 dan 21-19.

Di partai ketiga Jonathan Cristie menghadapi Li Shi Feng. Pertandingan berjalan alot dengan tiga set 21-14, 18-21, dan 21-14.