Dikonsumsi Selama Pandemi, 7 Makanan Mengandung Vitamin B12 yang Perkuat Sistem Imun Tubuh

ERA.id - Dimasa pandemi Covid-19, menjaga daya tahan tubuh memang sangat penting dilakukan. Selain melakukan protokol kesehatan (prokes), mengonsumsi asupan nutrisi dan hidrasi yang tepat sangat penting dikonsumsi selama masa pandemi Covid-19.

Makanan mengandung vitamin B12 sangat penting dikonsumsi selama pandemi Covid-19. Selain memperkuat imun tubuh, makanan mengandung vitamin B12 sangat penting merawat sel pencernaan, kesehatan sistem saraf, dan fungsi sumsum tulang. Berikut 7 makanan mengandung vitamin B12, seperti dilansir dari NDTV.

1. Ikan

Ikan (Foto: Pexels/Krisztina Papp)

Ikan adalah sumber yang kaya vitamin B12. Ikan yang kaya vitamin B12 adalah tuna, salmon, sarden, trout, dan banyak lagi. Menurut Departemen Pertanian AS, secangkir atau 150 gram sarden yang dikeringkan menyediakan 554 persen Vitamin B12. Salmon menawarkan protein dalam jumlah tinggi, dengan sekitar 40 gram dalam setengah fillet (178 gram).

2. Susu

Susu juga dianggap sebagai sumber vitamin B12 yang sangat baik. Inilah sebabnya mengapa para ahli menyarankan konsumsi susu setiap hari untuk mencegah kekurangan vitamin B12.

Selain itu, susu juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang dapat diandalkan. Para vegan sering menyarankan untuk menggantinya dengan susu kedelai. Menurut USDA, satu cangkir susu kedelai menyediakan 45 persen asupan vitamin B12 yang direkomendasikan.

3. Yoghurt

Yoghurt (Foto: Pexels/Any Lane)

Produk susu populer lainnya, yogurt juga diketahui mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang baik. Yoghurt juga diperkaya dengan kalsium, vitamin D dan probiotik lainnya.

4. Telur

Telur adalah sumber protein dan vitamin yang lengkap, terutama vitamin B12 dan B2. Dua telur rebus yang besar mengandung 1,6 mikrogram vitamin B12.

5. Sereal yang Diperkaya

Sereal (Foto: Pexels/Binyamin Mellish)

Sereal yang diperkaya dianggap sebagai cara terbaik bagi vegan untuk mendapatkan asupan harian Vitamin B12. Fortifikasi adalah proses penambahan nutrisi pada makanan yang belum ada. Makanan seperti sereal menjadi sumber vitamin B12 yang bagus.

6. Ragi Nutrisi

Menurut USDA, dua sendok makan atau 15 gram ragi nutrisi dapat mengandung hingga 733 persen DV untuk Vitamin B12.

7. Ayam

Ayam (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

Ayam memiliki kandungan kaya protein, dan vitamin B12. 75 gram kalkun panggang atau ayam memberikan 0,3 mikrogram vitamin B12.