Terungkap! 400 Kotak Amal Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah Tersebar di Lampung, Berhasil Disita Polisi

ERA.id - Kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) menyebarkan ratusan kotak amal sebagai bentuk penggalangan dana operasional di Lampung. Dari hasil penyelidikan, kotak amal tersebut dititipkan di sejumlah tempat.

"Tersebar, mulai dari warung makan atau rumah makan, kemudian mini market hingga mushola dan masjid yang ada di Lampung," ujar Kabag penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Ramadhan menambahkan, penyebaran kotak amal untuk penggalangan dana ini tersebar di hampir seluruh kota dan kabupaten di Lampung. Mulai dari Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, dan Kabupaten Lampung Utara.

Kemudian ada di Kabupaten Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Lampung Barat, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Pesisir Barat.

"Ada sekitar 400 kotak amal yang kami sita di hampir seluruh wilayah di Lampung," terang Ramadhan.

Sebelumnya, Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Polri, Kombes Pol Aswin Siregar menerangkan kelompok JI telah menyebarkan ribuan kotak amal di 13 wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta dan Lampung.

Ribuan kotak amal yang tersebar tercacat atas nama yayasan amal Lembaga Amil Zakat Abdurrahman Bin Auf (LAZ ABA). Melalui kotak amal tersebut, JI mendapatkan dana yang sangat besar untuk operasional dan membuatnya tetap eksis.