Ganjar Kunjungi Pameran 44 Tahun Perjalanan FX Rudy, Terkesan dengan Foto 'Adu Bathuk'

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi pameran foto 44 tahun perjalanan karier Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang digelar di Joglo Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jumat (12/11/2021). Dalam kunjungannya ini Ganjar bersama Rudy tak henti tertawa saat melihat foto keduanya yang tengah beradu Bathuk yang dalam bahasa Indonesia berarti dahi.

"Foto ini sangat lucu. Buat kami berdua biasa saja, tapi jadi lucu dan diterjemahkan aneh-aneh. Senatural itu, makanya foto itu selalu berbicara tanpa kata-kata," ucap Ganjar saat mengunjungi pameran.

Foto ini dipotret oleh Moelyadi, salah satu fotografer yang biasa bertugas mengikuti Rudy saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Foto tersebut diambil tahun 2019 lalu. Sejak saat itu banyak cerita lahir dari foto ini. Sampai yang terakhir dikait-kaitkan dengan isu dan polemik yang santer diperbincangkan akhir-akhir ini.

"Kami berdua ini jarang nyambung, saya bicara A beliau nangkapnya B, jadi ditempelkan jidatnya biar langsung bisa meresap," gurau Ganjar di sela melihat foto yang dipajang itu bersama Rudyatmo.

Menurut Ganjar pameran ini tidak hanya berisikan foto saja. Namun foto ini menceritakan mengenai perjalanan karir Rudy yang selama ini menjadi sosok yang sering ia ajak diskusi.

"Saya sering bicara dengan beliau, tidak hanya soal politik, tapi juga bicara soal rasa. Saya belajar dari beliau bagaimana melayani rakyat. Dari yang saya tangkap, beliau ini jujur dan berintegritas, dekat dengan rakyat tidak hanya dalam konteks visual tapi juga secara hati," katanya.

Sementara itu, Rudy mengatakan foto "Adu Bathuk" itu merupakan simbol menyamakan pikiran dalam melayani rakyat. Tapi jika orang mau menerjemahkan yang lain pun tidak masalah.

"Itu menyamakan pikiran untuk melayani rakyat, jadi ditempelkan," katanya.