Bikin Nangis Kepanasan Hingga Ada yang Pingsan, Inilah 5 Makanan Paling Pedas di Dunia, Berani Coba?

ERA.id - Makanan pedas memang bisa meningkatkan selera makan seseorang. Tak hanya di Indonesia, masing-masing negara juga mempunyai makanan pedas dengan andalannya sendiri. Bahkan, sejumlah makanan ini didapuk menjadi makanan terpedas di dunia.

Meskipun 'menyiksa' lidah, tetapi rasa pedasnya menjadi elemen penting bagi penikmat yang terus menjelajahi dunia kuliner dengan cita rasa pedas. Berikut 5 makanan terpedas di dunia, seperti dilansir dari kanal YouTube Fakta Populer.

1. Kimchi jigae atau sup kimchi - Korea Selatan

Kimchi jigae (Foto: YouTube/Fakta Populer)

Yang suka nonton drakor pasti sudah nggak asing lagi sama Kimchi, yakni makanan khas dari korea. Dari dasarnya, Kimchi memang pedas karena dari bumbu cabai. Tetapi, kimchi jigae lebih pedas. Bumbunya terdiri dari pasta dan cabai.

Sepedas ini direbus dalam panci berisi kimchi dan air cabai. Lalu, air meresap dalam kimchi, sayuran, tahu, dan seafood. Saus cabainya benar-benar meresap.

2. Nuea phat phrik - Thailand

Nuea phat phrik (Foto: YouTube/Fakta Populer)

Nuea phat phrik adalah steak ala Thailand yang sangat hot dan enak. Bahan utamanya daging digoreng dengan cabai dan rempah-rempah. Konon, makanan ini dinobatkan sebagai makanan terpedas di dunia. Resepnya cukup simpel, cukup bawang merah, bumbu basil dan irisan daging.

Jangan tanya cabainya, soalnya topingnya memakai cabai memakai burch ice sejenis cabai rawit. Topping-nya sejenis cabai rawit dengan tingkat kepedasan 100 hingga 225 ribu skala Scoville. Siap-siap bikin bibirmu jadi jontor.

3. Papa a la huancaina - Peru

Papa a la huancaina (Foto: YouTube/Fakta Populer)

Namanya unik, tapi memang makanan ini sangat pedas. Makanan asal Peru ini terdiri dari telur rebus, selada dan zaitun hitam yang dipakai dengan saus cream pedas yang gurih disebut dengan papa a la huancaina. Warnanya sih kelihatan kalem, tetapi ini pedas banget karena memakai cabai amarillo dan Habanero China. Terdapat campuran cabai Amarillo (30 – 50 ribu skala Scoville) dan Habanero (100 – 350 ribu skala Scoville).

4. Phaal churry - India

Phaal churry (Foto: YouTube/Fakta Populer)

Phaal churry dianggap sebagai kari paling pedas di dunia karena dibuat dengan level kepedasan sampai 8000 hingga 1100. Malahan restoran di New York, menyajikan Phaal churry dengan 10 jenis cabai berbeda, salah satunya Bhit Naga Jolokia yang disebut sebagai cabai terpedas di dunia. Saking pedasnya, ada orang yang pingsan karena tak kuat mengonsumsinya. Bahkan, sang koki sampai menggunakan masker oksigen selama memasak.

5. Sichuan hot pot - Jamaika

Sichuan hot pot (Foto: YouTube/Fakta Populer)

Salah satu makanan terpedas adalah sichuan hot pot, yakni panci berisi kaldu yang diletakkan di atas meja dengan rempahan makanan di sebelah panci. Jenis cabai terpedas di dunia, salah satunya scotch bonnet pepper (80 – 400 ribu skala Scoville). Menggunakan bahan utama shinchuan, yakni sejenis ketumbar khas China. Rasa pedasnya bikin bibir jadi jontor.