Dibintangi Reza Rahadian dan Marsha Timothy, Iwan Fals Rilis Film Pendek Lagu "Patah"

ERA.id - Sukses merilis single ketiga dari album Pun Aku, yakni "Patah", kini Iwan Fals mengeluarkan musik video berbentuk film pendek tentang lagu tersebut, pada Senin (6/12/2021). Tak tanggung-tanggung, untuk film pendek ini, Iwan mendapuk dia aktor ternama Indonesia, yaitu Reza Rahadian (sebagai Jaka) dan Marsha Timothy (sebagai Aruna).

Pembuatan film pendek lagu tersebut ternyata merupak ide dari anak Iwan Fals sekaligus produsernya, yakni Rambu Cikal. Sedangkan untuk penggarapannya sendiri melibatkan sutradara Gianni Fajri, yang akhirnya mengembangkan cerita dari lagu ke dalam film pendek yang penuh emosional.

"Ada saya magis gambar visul yang bisa membuat kisah jadi hidup. Itu yang coba kita kejar," kata Rambu Cikal, saat konferensi pers di Plaza Senayan XXI, Jakarta, pada Senin (6/12/2021).

"Patah menceritakan perjalanan pasangan yang terjebak dengan traumanya masing-masing dengan dirinya. Ini tercermin dalam hubungan yang sedang mereka jalankan. Kemudian digambarkan bagaimana Jaka dan Aruna berusaha mempertahankan hubungan dengan luka-lukanya," ungkap Gianni menjelaskan garis besar cerita film pendek tersebut.

Iwan Fals sendiri mengaku senang bahwa lagunya bisa disajikan dalam bentuk film pendek, terlebih dengan Reza dan Marsha yang sangat mendalami peran mereka. Untuk pesan dari musik video dan lagu ini, Iwan dan Enda Ungu (pencipta lagunya) ingin menunjukkan sisi dari arti patah.

"Reza sama Marsha bisa masuk ke peran Jaka dan Aruna. Itu yang bikin saya senang. Pesannya ini justru kemelekatan, keterikatan itu justru membuat dia jadi patah. Ketergantungan sama orang lain, takut kehilangan. Jadi sanking takutnya jadi serba salah, mau pisah nggak bisa mau sama nggak bisa gitu," jelas Iwan Fals.

"Ini tentang pernyataan bahwa patah hati yang sebenarnya itu adalah bersama dalam kebimbangan," tutur Enda Ungu.

Sedangkan Marsha Timothy dan Reza Rahadian mengaku senang dan merasa terhormat bisa bekerja sama dengan salah satu legenda musisi Indonesia, Iwan Fals. Mereka mengaku langsung menerima ketika ditawarkan tampil di film tersebut, meski belum mengetahui cerita atau karakter yang akan diperankan.

"Kita berdua pertama sih (bekerja sama dengan Iwan Fals). Terus terang saya langsung iya sih, saya nggak pakai mikir sih. Belum tahu waktu itu ceritanya gimana, saya langsung iya. Om Iwan living legend, siapa yang nggak mau ya. Kita sih beruntung malah berdua bisa bekerja sama dengan one of the most respected artist in Indonesia," ucap Reza.

"Aku juga pertama sih, dan langsung iya juga. Belum pasti langsung iya aja," sambung Marsha Timothy.

Sementara itu, film pendek sekaligus musik video lagu "Patah" ini sudah dirilis secara resmi, dan bisa disaksikan di kanal YouTube Musica Studios.