2 Warganya Terpapar Omicron dan Dirawat di Jakarta, Gubsu Edy: Saya Bilang Kemenkes Jangan Dipulangkan Dulu

ERA.id - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengungkapkan saat ini ada dua warga Sumatera Utara yang terpapar COVID-19 varian Omicron.

Kedua warga itu saat ini masih dirawat di rumah sakit di Jakarta.

"Ada rakyat kita Sumatera Utara ada dua orang ini sekarang. Tapi dirawat di Jakarta," sebut Gubsu Edy Rahmayadi ditemui di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Senin (10/1/2022).

Edy tidak merinci dua warga Sumut yang terinfeksi Omicron tersebut.

Namun satu orang diketahui merupakan warga Kota Medan yang saat ini masih dirawat di rumah sakit di Jakarta.

Menurutnya, ia sudah berkomunikasi dengan pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk tidak memulangkan warga Sumut tersebut sebelum dipastikan benar-benar sehat dan bebas dari Omicron.

"Saya sudah bilang ke orang Kemenkes kalau jangan dipulangkan dulu kalau belum benar-benar bersih dari itu virus," ungkapnya.

Langkah tersebut lanjut mantan Pangkostrad itu, untuk mencegah penularan COVID-19 varian baru tersebut di Sumut.

Kendati demikian, Edy Rahmayadi meyakini varian Omicron tetap masuk ke Sumut meski pemerintah telah berupaya sekuat tenaga mencegah transmisi lokal, jika masyarakat tidak taat terhadap protokol kesehatan.

"Omicron itu bagaimana tentang disiplin kita saja. Tidak berbahaya selama protokol kesehatan tetap kita pegang. Virus obatnya menggunakan masker, mengatur jarak dan selalu badan kita ini bersih. Itu saja," pungkasnya.