Bisa Bikin Panjang Umur, Inilah 5 Minuman Sehat yang Wajib Kamu Coba di Pagi Hari!

ERA.id - Sebagian orang senang memulai aktivitasnya dengan meminum secangkir kopi atau teh. Rupanya, ada juga sejumlah minuman sehat selain kopi dan teh yang bisa mengaktifkan sistem saraf pusat, meningkatkan daya ingat hingga konsentrasi. Bahkan, sejumlah minuman ini dipercaya bikin panjang umur.

Beberapa penelitian juga menunjukkan waktu paling sehat untuk minum kopi bukanlah hari. Sebagai alternatifnya, kamu bisa mengganti minuman ini supaya membuatmu segar dan selalu bersemangat untuk memulai segudang aktivitas. Berikut 5 minuman sehat yang wajib dikonsumsi pagi hari, seperti dilansir Hello Sehat.

1. Air jeruk atau lemon

Air lemon (Foto: Pexels/Julia Zolotova)

Tubuhmu dan pikiran menjadi lebih fresh dengan segelas air lemon dengan campuran air jeruk yang kaya akan vitamin. Rasa asamnya tentu akan membuat mata makin melek. Kandungan vitamin C-nya juga sekaligus membantu meningkatkan stamina tubuh sepanjang hari. Antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon ikut membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga Anda tidak gampang sakit.

2. Air kelapa

Air kelapa adalah salah satu alternatif minuman sehat di pagi hari yang punya banyak manfaat buat tubuh. Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang usai  semalaman tidak makan dan minum. Air kelapa kaya antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Air kelapa kaya antioksidan guna membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh).

3. Jus atau smoothies

Jus (Foto: Pexels/Toni Cuenca)

Jus atau smoothies tidak hanya membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga memberikan asupan beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan sepanjang hari. Tingginya serat dari jus membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan makan banyak. Jus adalah minuman sehat yang fleksibel dan kamu bisa kombinasi dengan sejumlah buah atau sayuran.

4. Teh jahe

Teh jahe merupakan salah satu minuman sehat di pagi hari yang dapat memberikan segudang manfaat sepanjang hari. Sejak dulu, jahe dikenal sebagai rempah yang membantu meredakan mual dan menyembuhkan nyeri serta sakit otot. Jahe dikenal dapat menurunkan kadar gula darah serta membantu tubuh mengatur respon insulin dengan lebih baik.

5. Jus lidah buaya

Minum jus lidah buaya juga tak kalah menyehatkannya untuk tubuh. Lidah buaya kaya akan zat gizi yang penting buat memulai hari, seperti vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12.

Berkat kandungan enzim dan bakteri baiknya, jus lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelit, perut kembung, irritable bowel syndrome (IBS), radang usus, hingga gangguan asam lambung (GERD). Lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah dan meredakan gejala radang tenggorokan.