Mencoba Mengingat Mendiang Ibunda, Maudy Koesnaedi Alzheimer?

ERA.id - Maudy Koesnaedi kembali ke layar lebar lewat film Pelangi Tanpa Warna. Dia beradu akting dengan Rano Karno sebagai penderita alzheimer. 

Film Pelangi Tanpa Warna menjadi tantangan baru bagi Maudy Koesnaedi dalam bermain sebuah film. Selain tantangan sebagai penderita alzheimer, Maudy harus berusaha keras melepaskan karakter Dul dan Zaenab yang melekat pada dirinya dan Rano Karno.

"Jadi begitu ditawarin tuh yakin nih? Bahwa kita berdua bakal muncul dengan karakter yang berbeda. Ini Mas Sndra yakin nih memasangkan kita berdua? Bisa nggak nih orang-orang melihat kita sebagai Fedi dan Kirana, bukan sebagai Dul dan Zaenab," kata Maudy Koesnaedi selama jumpa virtual, Kamis (20/1/2022).

Pelangi Tanpa Warna (Dok: Falcon Pictures)

Lalu, kata Maudy, dia dan Rano Karno tidak pernah terlibat dalam film satu pun selain yang mengisahkan tentang Si Doel dan juga Zaenab. Sehingga film ini menjadi titik balik sekaligus pembuktian ke penggemar bahwa mereka bisa melepaskan karakter yang selama ini sudah melekat pada diri mereka.

Bahkan karakter yang melekat pada mereka menjadi satu tantangan tersendiri bagi Maudy selama menjalani proses syuting. Belum lagi karakter Maudy sebagai seorang penderita alzheimer membuatnya kian mengalami kesulitan.

"Ya sejujurnya memang selain dari kekhawatiran soal Zaenab dan Dul tampil berbeda ini juga masalah alzheimer yang saya nggak pernah tau sama sekali. Beruntung sekali Mas Indra punya pengalaman personal jadi bisa membantu mengarahkan pada saat syuting," jelasnya.

Mengenai pendalaman karakter sebagai penderita alzheimer, aktris 46 tahun itu banyak mencari refrensi dari film-film bertema serupa. Selain itu dia juga banyak berbincang dengan lawan mainnya hingga membaca banyak artikel tentang alzheimer.

Bukan hanya itu, untuk menyempurnakan kondisi fisik dari karakternya, Maudy bahkan mengingat kembali bagaimana kondisi mendiang ibunya sebelum meninggal dunia. Gestur itu pun dia bawa dan terapkan ke dalam karakter Kirana dalam Pelangi Tanpa Warna.

"Saya juga mencoba ini sih mengingat kondisi fisik almarhumah ibu saya sebelum nggak ada. Saya melihat gestur-gestur yang masih saya tangkap dan masuk dalam kenangan saya," ucapnya.

Terkait perubahan fisik, Maudy menjelaskan bahwa dia tidak banyak mengubah penampilannya dalam memerankan karakter Kirana. Namun dia kembali memastikan hal yang berusaha dia keluarkan ialah karakter Zaenab pada dirinya.

Lebih lanjut, Maudy Koesnaedi berharap penonton bisa melihat perbedaan karakter antara Dul dengan Zaenab dan Fedi dengan Kirana.

"Berusaha banget membuat chemistry antara Fedi dan Kirana itu berbeda banget dengan chemistry-nya Dul dan Zaenab. Mudah-mudahan sih bisa keliatan beda ya," tutupnya.

Selain dibintangi oleh Maudy Koesnaedi dan Rano Karno, film Pelangi Tanpa Warna juga turut dibintangi oleh Zayyan Sakh dan Ratna Riantiarno. Pelangi Tanpa Warna diagendakan tayang mulai 17 Februari 2022 di seluruh bioskop Indonesia.