HOLD berita mendagri Bule

Jakarta, era.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan Bupati Trenggalek Emil Dardak untuk menjaga etika politik dan menjaga stabilitas pemerintahan di daerahnya di tengah kesibukannya menghadapai Pilkada Jawa Timur 2018.

Emil akan menjadi bakal calon wakil gubernur pada Pilkada Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa yang masih menjabat Menteri Sosial.

"Undang-undang menyebutkan kalau masih dalam satu provinsi itu dia bisa mengajukan cuti. Jadi permasalahaannya bukan cuti dan tidak. Ini juga harus disiapkan sejak awal jangan sampai salah satu stabilitas terganggu berkaitan dengan etika. Etika politik," ujar Tjahjo, dalam acara peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu di Hotel Sahid Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Emil bukan kepala daerah pertama yang ikut pemilihan gubernur saat periode pemeritahannya belum selesai. Hal yang sama juga pernah dilakukan Joko Widodo saat menjabat Wali Kota Solo dan menjadi calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2012.

Namun menurut Tjahjo, Jokowi masih melunasi janji di Jakarta saat

"Bukan salah partai poltik. Yang salah yang bersangkutan kalau dianggap ini salah. Jangan sampai janji politik sebagai kepala daerah belum selesai atau baru setahun dia sudah jadi target yang lain,"

Emil Dardak maju Pilguh Jatim mendampingi Khofifah Indah Parawansa. Namun Emil diusung oleh Partai Demokrat.

PDIP Emil dinilai tak taati keputusan PDIP. PDIP sendiri di Pilgub Jatim mengusung Gus Ipul dan Azwar Anas.

Tag: