Manfaat Puasa

Jakarta, era.id - Gini-gini, puasa itu enggak hanya menahan lapar dan haus saja. Puasa selama satu bulan penuh itu bakal mengubah gaya hidup kalian lho. Mulai dari pola makan, tidur dan aktivitas fisik.

Tubuh kita ikut-ikutan berubah secara fisiologi (berhubungan dengan komposisi tubuh dan organ), hematologi (berhubungan dengan darah dan cairan), serta biokimia darah (berhubungan dengan elektrolit tubuh). Nah, perubahan itu beruntungnya ke arah positif. 

Penurunan yang terjadi ini tergantung dari durasi kita berpuasa. Teknisnya begini, tubuh akan merespons dan masuk ke fase puasa setelah delapan jam dari makan terakhir, atau saat usus kita selesai menyerap berbagai nutrisi dari hidangan sahur kita. 

Normalnya, sumber energi utama berasal dari glukosa yang tersimpan di liver dan otot. Nah, bedanya saat puasa, cadangan glukosa ini akan dibakar terlebih dahulu untuk memasok energi, biar kamu enggak gampang lemas. Setelah mencapai batas bawah, sumber energi berikutnya datang dari lemak yang dibakar.

Baca juga: Toleransi Beragama di Jakarta Utara

Tag: