Perdana Menteri India Ini Mendadak Meninggal Dunia Usai Bilang 'Islam adalah Racun', Benarkah?

ERA.id - Beredar sebuah video yang diklaim Perdana Menteri India mendadak meninggal dunia setelah mengatakan 'Islam adalah racun'. Informasi itu diunggah oleh akun Facebook bernama Dakwah Islam pada 17 Februari 2022.

Dalam video dengan durasi 1 menit 1 detik itu menampilkan seorang yang sedang pidato kemudian jatuh. Dalam video juga dicantumkan narasi “perdana menteri india dlm pidatonya mengatakan “Islam adalah racun” seketika itu juga Allah cabut ruhnya! Takbir!!”

Klaim tersebut juga pernah dibahas di turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Video “Alloh SWT mencabut ruh Perdana menteri Gujarat (india) dlm sekejap mata”.

Dalam artikel tersebut menjelaskan bahwa bukan Perdana Menteri Gujarat, India dan tidak meninggal. Pria di video itu adalah Ketua Menteri Gujarat (CM), Vijay Rupani. Dia hanya pingsan saat berpidato dan kembali sadar beberapa menit kemudian.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, ditemukan artikel dengan judul “Gujarat CM Vijay Rupani collapses on stage” dari media online The Times of India pada 14 Februari 2021.

Artikel tersebut menjelaskan bahwa Ketua Menteri Gujarat (CM) Vijay Rupani sedang menyampaikan pidatonya di Nizampura, Vadodara, India. Saat berpidato, Rupani tiba-tiba pingsan dan dibantu oleh pengawal di belakangnya.

Video yang tersebar tersebut, diambil dari channel Connect Gujarat TV dengan judul “વડોદરાની ચૂંટણી સભામાં મુખ્યમંત્રીને ચક્કર આવ્યા,સભાને સંબોધતી વખતે મુખ્યમંત્રી નીચે પડ્યા” (Ketua Menteri pusing saat rapat umum pemilihan Vadodara, jatuh saat berpidato di rapat), di menit ke 1:23 hingga menit 1:52 yang menampilkan Vijay Rupani berpidato kemudian pingsan.