Menlu: Kita Bersama Palestina

Your browser doesn’t support HTML5 audio
Jakarta, era.id - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan isu terkait larangan kunjungan warga negara Indonesia ke Israel yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Retno menegaskan bahwa kabar itu tidak benar.

"Dalam kesempatan ini saya ingin menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar. Saya ulangi lagi hal tersebut tidak benar mengenai isu visa (Israel menahan visa untuk WNI)," kata Retno di Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Retno menjelaskan, setiap negara memiliki kewenangan terkait kebijakan untuk memberikan visa, menunda visa, dan menolak visa sebagai politik luar negeri. Ia pun menepis isu adanya pembicaraan rahasia mengenai hubungan diplomatik Indonesia dan Israel.

"Saya ingin memberikan penegasan kembali mengenai politik luar negeri Indonesia. Pertama adalah bahwa kita tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel," jelas Retno.

Ditambahkan Retno, sikap awal pemerintah Indonesia adalah untuk terus bersama dalam perjuangan kemerdekaan Palestina. Sehingga tidak mungkin adanya perubahan keberpihakan politik luar negeri Indonesia.

"Indonesia akan terus bersama Palestina dalam perjuangan mereka untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak-hak mereka. Jadi keberpihakan politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina sudah sangat jelas," tutupnya.

Tag: kementerian luar negeri retno marsudi visa israel-palestina