Ada Rakor Bahas Isu Penundaan Pemilu, KPU Izinkan Jajaran Hadiri Rakor Kemenko Polhukam

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ikut buka suara prihal undangan rapat koordinasi dari Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) kepada KPU Kota Balikpapan terkait isu pemunduran Pemilu 2024 dan isu calon Penjabat (Pj) Kepala Daerah.

Ketua KPU RI Ilham Saputra mengaku dirinya telah mengonfirmasi langsung soal kebenaran undangan tersebut kepada Menkopolhukam Mahfud MD. Kepada Ilham, Mahfud mengaku bahwa kegiatan tersebut merupakan penegasan pemerintah dalam menghadapi isu penundaan pemilu.

Mahfud, kata Ilham juga menegaskan bahwa pemerintah masih tetap menjalankan rencana penyelenggaraan Pemilu serentak 2024. Dengan adanya klarifikasi tersebut, KPU pusat mengizinkan jajarannya untuk menghadiri undangan rakor tersebut.

"Oleh karenanya, silahkan KPI kabupaten/kota yang diundang hadir," kata Ilham kepada wartawan, Jumat (18/3/2022).

Meski begitu, Ilham menegaskan, jajarannya yang menghadiri undangan rakor tersebut harus pula menyampaikan ketegasan dari KPU terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. Dia mengatakan, penyelenggara pemilu tetap melaksanakan pemilu dan pilkada sesuai jadwal serta sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sekaligus menegaskan komitmen KPU menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan 2024 sesuai dengan konstitusi dan perundangan yang berlaku," kata Ilham.