Puncak Arus Mudik Lebaran 2022, Menhub Prediksi 29-30 April dan 8 Mei

ERA.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 akan terjadi pada tanggal 29-30 April 2022. Jumlah masyarakat yang akan mudik mencapai 79,4 juta orang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, prediksi tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kemenhub. Sedangkan untuk arus balik mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022.

"Survei juga menunjukan bahwa puncak mudik akan terjadi pada 29-30 (April) dan tanggal 8 (Mei)," kata Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Menurut Budi, diperkirakan sebanyak 79,4 juta orang akan melakukan mudik saat Lebaran nanti. Dari jumlah tersebut, 13 juta orang diantaranya berasal dari wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

"Ada 79,4 juta orang Warga yang akan mudik, dan diantaranya 13 juta orang berasal dari Jabodetabek," kata Budi.

Budi memaparkan kemungkinan besar para pelaku perjalan mudik paling banyak mengarah ke wilayah Jawa Tengah.

"Beberapa hal yang menjadi perhatian kita dan juga menjadi catatan Bapak Presiden bahwa yang menggunakan kendaraan pribadi, mobil dan motor sebanyak 40 juta. Kendaraan darat umum 26 juta, udara 8 juta, kereta api 8 juta, laut 1,1 juta dan yang lain relatif sedikit," kata Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk berhati-hati dalam menghadapi mudik Lebaran. Dia memprediksi hampir seluruh masyarakat akan melakukan mudik.

Oleh karenanya, dia meminta jajajaranya benar-benar mempersiapkan jalur mudik secara ekstra.

"Hati-hati arus mudik ini bisa di luar perkiraan kita. Kalau yang saya tangkap di bawah, ini semuanya mau mudik semua. Jadi persiapannya juga harus ekstra," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada Selasa (5/6/2022).