Pemilu Tak Ditunda? DPR Gelar Rapat dengan KPU Lusa

ERA.id - Komisi II DPR RI akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (13/4). Rapat akan membahas mengenai program, tahapan, dan anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan, RDP dengan KPU digelar sebelum masa reses anggota dewan pada 14 April 2022.

"Tanggal 13, hari Rabu, ya kita reses 14, hari Rabu kita akan jadwalkan (RDP dengan KPU)," ujar Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Junimart mengatakan, rapat akan dilakukan bersama anggota KPU RI periode 2022-2027 setelah pelantikan. Adapun anggota KPU baru akan dilantik pada Selasa (12/4).

"Setelah pelantikan (KPU Bawaslu) besok," kata Junimart.

Lebih lanjut, Junimart mengatakan tidak ada masalah KPU sempat terjadi kekosongan jabatan komisioner karena pelantikan baru digelar Selasa, 12 April 2022.

Menurutnya, kekosongan jabatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk berkonsolidasi antara anggota KPU lama dengan yang baru. Sehingga, antara pengurus yang lama dan baru bisa menyamakan visi misi terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kan toh mereka sudah koordinasi komunikasi dengan KPU yang lama. Jadi untuk RDP nanti kita hanya meminta program tahapan dan bagaimana anggaran. Apakah masih mau naik tetap atau bagaimana ini," kata Junimart.

Sebelumnya, Anggota KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya meminta menjadwalkan ulang sebelum masa sidang DPR berakhir.

"KPU tetap mengusulkan RDP membahas Tahapan Pemilu 2024, pada pekan ini selama masih masa sidang ini sebelum masuk masa Reses," katanya dalam keterangannya, Minggu (10/4).