Kilas Grup H Piala Dunia 2018: Kekuatan Merata

Jakarta, era.id - Kejutan diprediksi bakal hadir di Grup H. Ya, kamu akan kebingungan mencari tim favorit di sini. Bukan seperti grup lain yang dihuni tim-tim tangguh seperti Prancis, Jerman, Argentina maupun Brasil, Grup H diisi empat negara yang memiliki kekuatan merata; Polandia, Kolombia, Jepang, dan Senegal. 

Polandia yang berasal dari pot 1 dianggap tidak sekuat negara-negara lain yang berada di pot tersebut. Namun The Eagles, memiliki potensi besar untuk gigi di ajang sepak bola empat tahunan ini melalui beberapa pemain yang telah terbukti kualitasnya di kompetisi eropa.

Pelatih Adam Nawalka punya segudang pilihan di setiap posisi timnya. Lukasz Fabianski (Swansea City) dan Wojciech Szczesny (Juventus) siap diadu ketangguhannya di posisi kiper, sementara pemain veteran Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund) akan menjadi pilihan utama di lini pertahanan.

Di posisi gelandang, Piotr Zilenski (Napoli) kemungkinan akan bertandem dengan Jakub Blaszczykowski (Wolfsburg) atau Grzegorz Krychowiak (West Bromwich Albion). Sedangkan kapten sekaligus bintang Polandia, Robert Lewandowski (Bayern Munchen) akan memimpin lini serang.

Lalu ada Jepang, ikon sepak bola asia yang terus hidup sejak penampilan pertamanya di Piala Dunia 1998 di Prancis. Pada enam kali keikutsertaannya di pesta sepak bola terakbar planet bumi ini, pencapaian terbaik Tim Samurai adalah lolos ke babak 16 besar.

Di Rusia, Jepang siap menebus kegagalan di Brasil empat tahun lalu. Melalui para pemain yang cukup berpengalaman seperti duo Shinji; Kagawa dan Okazaki serta sang kapten Makoto Hasabe, Jepang diharapkan mampu berbicara lebih jauh.

Sementara itu Kolombia adalah tim  yang patut diawasi setelah mencapai sukses di Brasil melalui sang bintang, James Rodriguez sebagai pembeda. Saat itu, penyerang Bayern Munich mampu membawa Los Cafeteros mencapai babak perempat final dengan penampilan yang luar biasa. Dia bahkan menjadi pencetak gol terbanyak turnamen dengan enam gol.

Tim terakhir, Senegal kembali hadir di Piala Dunia setelah kali terakhir berpartisipasi di Korea Selatan-Jepang pada 2002. Saat itu, Singa Afrika mampu mencapai babak perempat final setelah sebelumnya--di babak fase grup--sukses mengalahkan juara bertahan, Prancis.

Saat ini Senegal makin kuat dengan banyaknya pemain yang bermain di liga top Eropa. Bintang Liverpool Sadio Mane, Balde Ketia (AS Monaco) dan Kalidou Kolibaly (Napoli) siap membawa asa bagi negaranya.

Baca Juga : Kilas Grup D Piala Dunia 2018: Ambisi Messi 

Tag: piala dunia rusia