Pemprov Sulsel Potong Gunung Demi Bebaskan Kendaraan dari Longsor Luwu Utara

ERA.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulawesi Selatan memotong gunung untuk membuka akses jalan yang tertutup akibat longsor di Kabupaten Luwu Utara, Sulsel.

“PUTR memotong gunung, sehingga akses kendaraan roda dua dan roda empat bisa segera lewat sementara,” kata Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas di Makassar, Rabu (11/5/2022).

Alhasil, akses kendaraan roda empat atau lebih kini sudah bisa melintas di Ruas Sabbang-Tallang yang sempat mengalami longsor.

Diketahui, ruas Sabbang-Tallang di Kabupaten Luwu Utara mengalami longsor pada KM 492+300. Lokasi jalannya berada di lereng gunung, sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Astina menyebut, sebelumnya alat berat sulit ke lokasi. Mengingat lokasinya harus menempuh medan yang berat, sehingga kendaraan tronton yang memuat ekskavator tidak bisa melaju ke lokasi longsor.

“Jadi ekskavator itu jalan manual ke lokasi longsor. Sehingga sebelum alat berat tiba, tim melakukan cutting atau pemotongan secara manual,” ujar Astina.

Selain Kabupaten Luwu Timur, sejumlah daerah di Sulawesi Selatan juga dilanda banjir dan longsor seperti Kabupaten Luwu dan Kabupaten Gowa.