Sandiaga Jamin Buaya Pondok Dayung Tak Muncul di Ancol

Jakarta, era.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut buaya yang muncul di sekitar Tanjung Priok, Jakarta Utara, diduga karena adanya perubahan iklim.

Namun demikian, untuk memastikan, Sandi akan meminta ahli menyelidiki fenomena ini. Tujuannya, supaya hal serupa tidak lagi terjadi. 

Baca Juga: 49 Ribu Pengunjung Padati Ancol

Sandi juga menyebut terkait munculnya buaya ini, dirinya akan mencari masukan dari ahli sehingga fenomena ini tidak terulang kembali.

“Ini anomali mungkin terpicu karena perubahan iklim," kata Sandi kepada awak media di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2018).

"Saya mau cari masukan dari ahli bagaimana ini, apakah terpicu dari perubahan iklim, perubahan habitat, atau perubahan signifikan dari segi rantai makanan mereka food chain. Ini yang harus kita pelajari jangan jadi fenomena yang berulang,” jelasnya.

Sandi juga meminta supaya masyarakat tak khawatir untuk berkunjung ke Ancol. Meski sempat heboh dengan kemunculan buaya, Sandi yakin Ancol sangat aman untuk dikunjungi di musim libur Lebaran ini. Sebab, katanya, selain terus memantau situasi, pihak pengelola Pantai Ancol juga telah menerapkan standar keamanan.

“Masyarakat yang datang ke Ancol dilindungi oleh jaring dan kita sudah menerjunkan tim ke sana untuk memantau keadaan terakhir,” tandasnya.

Sebelumnya, Basarnas Jakarta menyisir perairan Pondok Dayung untuk mencari buaya yang sempat muncul, Kamis (14/6/2018) lalu. Meski tidak menemukan tanda-tanda buaya di permukaan, Basarnas tetap meminta masyarakat waspada.

Selain itu, Corporate Communication Manager Ancol Taman Impian, Rika Lestari memastikan buaya yang ditemukan TNI AL di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, tidak memasuki wilayah Pantai Ancol.

Baca Juga: Basarnas Sisir Pondok Dayung Cari Buaya

Rika memastikan semua pengunjung Ancol aman dari gangguan buaya tersebut. Pasalnya ada pengamanan 24 jam dan jaring yang mengelilingi pantai Ancol.

"Secara standar (SOP) pengamanan di area pantai telah dipasang jaring di area beach pool agar pengunjung nyaman. Selain itu tim pengaman pantai (life guard) terus berjaga 24 jam utk mengawasi aktivitas di area pantai. Dan terus berkoordinasi dengan pihak Satuan Kopaska Pondok Dayung," imbuh Rika.

Tag: wisata tempat wisata 100 hari anies-sandi lebaran cuti lebaran