Soal Capres, Hasto PDIP: Jangan Baru Bergerak di Satu Provinsi, Sudah Sebut Dirinya Pemimpin

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto membeberkan kualifikasi calon presiden (capres) 2024 yang akan diusung. Menurutnya, pemimpin harus memiliki kemampuan permasalahan bangsa.

"Pemimpin itu harus memiliki karakter yang kuat, keberanian untuk memgambil tanggung jawab, memiliki kualifikasi kepemimpinan teknokratis," kata Hasto di Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022).

Selian itu, Hasto menegaskan seorang pemimpin memahami seluruh rakyat Indonesia. Dia mengatakan, jangan karena merasa bisa memimpin satu daerah, lantas merasa pantas menjadi seorang pemimpin.

"Jangan hanya karena baru bergerak di salah satu provinsi, lalu sudah menyebut dirinya sebagai pemimpin. Ibu Mega selalu mengingatkan kenalilah seluruh rakyat Indonesia," kata Hasto.

Karenanya, Hasto mengatakan siapa pun yang berminat menjadi pemimpin, disarankan untuk berkeliling Indonesia untuk memahami kehendak rakyat. Sehingga kebutuhan rakyat dapat terpenuhi.

"Jangan sampai pemimpin tidak memahami, sehingga misalnya rakyat memerlukan traktor untuk perngolahan tanah-tanah pertaniannya kemudian yang dibuatkan adalah berbeda dari yang dibutuhkan rakyat," kata Hasto.

Meski begitu, hingga saat ini PDIP belum menentukan siapa capres yang akan diusung. Keputusan tersebut masih menunggu arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.