Soal Reshuffle Kabinet, PAN Belum Dapat Informasi Resmi: Hormati Hak Prerogatif Presiden

ERA.id - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengaku partainya belum mendapat informasi mengenai kabar reshuffle kabinet. Namun, dia mengaku sudah mendengar isu perombakan kabinet dalam waktu dekat.

"Kami sudah mendengar (kabar akan ada reshuffle), nah berhubung itu datang dari teman media, ya tentu kami tidak bisa mengonfirmasi apalagi dalam hal ini belum ada pemberitahuan resmi kepada PAN," kata Eddy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Eddy mengatakan, mengenai isu reshuffle, PAN menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Partainya akan menghormati apapun keputusan yang diambil oleh Jokowi.

"Hal ini kembali lagi merupakan hak prerogratif presiden, kedaulatan sepenuhnya untuk melakukan reshuffle itu ada di tangan presiden. Sehingga kami dalam hal ini adalah pihak yang menghormati hak prerogatif tersebut," kata Eddy.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan kader PAN akan ditempatkan di kabinet jika reshuffle dilakukan, Eddy tak banyak memberi jawaban. Dia hanya mengatakan, kewenangan mengajukan nama kader untuk duduk di kursi menteri berada di tangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Seluruh keputusan internal PAN yang menyangkut kader yang ditempatkan di mana pun itu keputusannya di tangan ketua umum PAN," tegas Eddy.

Sebagai informasi, isu reshuffle kembali bergulir. Dikabarkan Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet pada 15 Juni 2022 bertepatan dengan hari Rabu Pon.

Kabar tersebut sudah dibantah. Presiden Joko Widodo menyebut belum ada agenda terkait reshuffle. Isu perombakan kabinet belakangan ini kembali terdengar.

"Belum, belum," kata Jokowi di Masjid At-Taufiq, Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jalan Lenteng Agung Nomor 99, Jakarta Selatan, Rabu (8/7).

Jokowi tak menjawab saat ditanya kapan kira-kira reshuffle kabinet akan dilakukan. Dia malah meninggalkan lokasi.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sempat merespons soal reshuffle kabinet yang kabarnya digelar pada 15 Juni 2022. Namun, jawabnnya tak tegas.

"Nanti kalau sudah ada jadwal (reshuffle), bocorin dikit-dikit," kata Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6).