Kader PKB 'Merah' Tolak Koalisi Semut Merah, Sebut Ada Perbedaan Ideologi dengan PKS

ERA.id - Kader dan simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menolak koalisi semut merah yang terjalin antara PKB dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).  Mereka tergabung dalam kelompok yang menamakan dirinya sebagai PKB Merah.

"Ini menjawab kegelisahan kawan-kawan loyallis PKB yang khususnya dari kalangan umum. Langkah politik DPP PKB (berkoalisi dengan PKS) tidak sesuai dengan aspirasi kami," kata Koordinator PKB Merah Budi Santoso saat melakukan deklarasi di Ndalem Padmosusastran Rabu (15/6/2022).

Menurut mereka perbedaan ideologi yang menjadi landasan mereka menolak koalisi PKB dan PKS. Apalagi wawasan kebangsaan PKB yang segaris dengan NU berbeda dengan PKS.

"Ini yang jadi kegelisahan pemilih dan loyalis PKB," katanya.

Rencananya mereka akan mendatangi kantor pusat PKB untuk menyampaikan aspirasi ini. Khususnya ketika aspirasi mereka tidak digubris. "Kalau perlu kami geruduk kantor DPP PKB untuk menyampaikan aspirasi ini," katanya.

Budi mengakui jika posisi mereka yang hanya merupakan loyalis memang tidak bisa memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan strategis. Namun mereka mendesak agar DPP PKB mendengar aspirasi mereka. "Apalagi selama ini kader dan simpatisan PKB merupakan orang-orang yang loyal terhadap partai," katanya.

Rencananya aspirasi ini tidak hanya terbentuk di Solo saja, namun juga beberapa kota lainnya. Untuk wilayah Solo Raya, ada Sragen, Klaten dan Karanganyar yang menyusul. Kota lainnya yang akan mendeklarasikan aspirasi sama yakni Garut, Jakarta dan Madiun.

"Madiun yang nantinya bertugas untuk mengkoordinasikan dengan teman-teman di Jawa Timur. Di Solo ini yang pertama," katanya.