Belum Ada Parpol yang Dekati NasDem, Surya Paloh: Datang kan Belum Tentu Dekat

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku belum ada partai politik lain yang mendekati partainya untuk bekerja sama pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurut dia, sejumlah partai politik yang datang ke NasDem pun tak bisa langsung diartikan mendekat untuk tujuan berkoalisi.

"Terus terang belum ada (partai politik yang mendekat ke NasDem. Datang kan belum tentu dekat," kata Surya usai memberikan pengarahan di Rakernas NasDem di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Surya juga mengaku Partai NasDem pun tak sedang mendekatkan diri dengan partai manapun.

"NasDem ya enggak mendekat (ke partai politik manapun) juga," kata Surya.

Dia lantas menekankan, kontestasi Pemilu 2024 sebaiknya tak terlalu dimaknai sebatas partai politik mana berkoalisi dengan siapa. Melainkan untuk dijadikan ajang untuk meningkatkan kualitas demokrasi.

"Gini saja lah, kita harapkan seperti yang selalu saya sampaikan, negara kita bisa meningkatkan kualitas pemilu dari waktu ke waktu," kata Surya.

"Pemikiran yang berkembang lebih melihat bagaimana bisa saling menjaga satu sama lain walaupun berkompetisi. Tapi kompetisi kita bukan untuk saling merusak. Supaya ada peningkatan kualitas pemilu," tegasnya.

Untuk diketahui, Partai NasDem menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) mulai 15-17 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Salah satu agenda dalam Rakernas tersebut yaitu merekomendasikan tiga nama calon presiden (capres) yang akan diusung NasDem pada Pilpres 2024 mendatang.

Partai NasDem tidak mengundang Presiden Joko Widodo maupun partai politik sahabat lainnya, sebab acara tersebut bersifat konsolidasi internal.