Lena Headey Digugat Rp22 Miliar Gegara Film Thor: Love and Thunder, Kenapa?

ERA.id - Aktris Lena Heady digugat sebesar USD1,5 juta atau sekitar Rp22 miliar oleh mantan agensinya di Inggris, Troika atau YMU. Gugatan itu diajukan terkait sejumlah proyek film termasuk Thor: Love and Thunder.

Troika yang berganti nama menjadi YMU di tahun 2020 mengklaim Headey berhutang kepada agensi sedikitnya USD500 ribu atau Rp7,4 miliar, setara dengan 7 persen dari biayanya untuk penghasilan di film Marvel.

Diketahui Headey tidak munculm dalam film terakhir Thor: Love and Thunder yang dibintangi oleh Chris Hemsworth dan Natalie Portman. Sesuai jadwal film ini akan dirilis minggu depan.

Menurut dokumen pengadilan, bintang Game of Thrones itu bergabung dengan Troika tahun 2005 setelah mengikuti perwakilan pribadinya, Michael Duff dari agensi sebelumnya Lou Carl Associates.

Duff sendiri ikut mendirikan Troika, yang tercatat bergabung dengan James Grant Group tahun 2017. Pada tahun 2018 agensi tersebut diakuisisi oleh perusahaan ekuitas swasta dan berganti nama menjadi YMU. Duff meninggalkan YMU awal 2020 dan Headey meninggalkan agensi pada Mei 2020.

Tetapi YMU mengklaim berdasarkan persyaratan perjanjian mereka, Headey mesih berutang biaya komisi agensi di sejumlah proyek film, termasuk Thor: Love and Thunder. Headey juga memiliki utang sebesar USD300 ribu (Rp4 miliar) untuk film 9 Bullets, di mana ia membintangi bersama Sam Worthington.

Selain itu, Headey juga memiliki utang sebesar USD650 ribu (Rp9 miliar) untuk serial drama Showtime bertajuk Rita, sebuah adaptasi dari serial Denmark dengan nama yang sama.  Dalam serial itu, Headey memainkan karakter Rita tituler, tetapi pertunjukan itu tidak mengamankan urutan seri di luar episode pilotnya.

Berdasarkan catatan perjanjian dan sejumlah utang yang belum dibayarkan Headey, YMU pun meminta Headey untuk melunasi biaya komisi tersebut karena pelanggaran kontrak, bunga, dan penggantian biaya hukum.

Namun gugatan tersebut di bantah oleh pihak Headey. Pihaknya mengklaim bahwa ia tidak peranh menandatangani kontrak apa pun dengan Troika atau pun dengan Duff. Ia justru mengklaim perjanjian antar kedua belah pihak hanya terjadi berdasarkan perjanjian lisan yang dibuat saat Duff masih di Lou Carl Associates di akhir 1990-an.

Pembelaannya juga menunjukkan Troika atau YMU tidak pernah menjadi agen tunggal Headey karena ia juga diwakili oleh CAA di Amerika Serikat. Headey juga membantah bahwa Troika atau YMU memiliki klaim untuk komisi dalam film Thor: Love and Thunder, yang muncul setelah mendengar Taika Waititi mendekatinya secara langsung.

Begitu juga dengan film 9 Bullets yang tidak pernah dinegosiasikan oleh Troika maupun Duff. Sedangkan Rita, Headey mengatakan bahwa dia hanya pernah menerima USD325 ribu untuk episode percontohan, di mana Troika sudah menerima bayaran sebesar USD22.750. Setelah menerima komisi tersebut, Headey juga tidak lagi terlibat dalam serial Rita.