Artis Jepang Peraih Golden Globe Yoko Shimada Meninggal Dunia, Berikut Perjalanan Kariernya

ERA.id - Kabar duka menyelimuti industri hiburan Jepang. Peraih Golden Globe Awards Yoko Shimada meninggal dunia dalam usia 69 tahun.

Menurut laporan Nippon Jepang, Shimada meninggal dunia pada Senin, 25 Juli 2022 waktu setempat setelah mengalami gagal organ ganda akibat kanker kolorektal. Ia dinyatakan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Tokyo, Jepang.

Lahir pada tahun 1953 di Kumamoto, sebuah kota di pulau selatan Kyushu, Shimada debut lewat program TV dalam drama tahun 1970 berjudul Osanazuma. Karier akting Shimada mulai menuai sorotan saat ia terpilih untuk memerankan pahlawan wanita dalam drama Zoku-Hyoten tahun 1971.

Saat membintangi drama tersebut, Shimada merupakan siswa kelas tiga sekolah menengah. Sejak saat itu ia kerap kali membintangi sejumlah acara TV dan film seperti Aizen Katsura, Kagero no Onna, Suna non Utsuwa, Totakku Yaro-Bokyo Ichibanboshi, Inugamike no Ichizoku, Kamen Rider, dan masih banyak lagi.

Namun nama Shimada Yoko mulai mencuri perhatian penggemar internasional berkat membintangi acara televisi Amerika Serikat, Shogun. Meski pun ia tidak fasih berbahagas inggris, kemampuannya dalam berakting berhasil mencuri perhatian.

Pada tahun 1981, Shogun memenangkan penghargaan untuk serial drama terbaik di Golden Globe Awards. Begitu juga dengan Shimada yang berhasil membawa pulang piala untuk kategori Aktris-Drama Televisi Terbaik, mengalahkan Linda Gray, Melissa Gilbert, Barbara bel Geddes, dan Stefanie Powers.

Masih di tahun yang sama, ia membintangi Little Champion, memainkan peran utama pelari maraton Michiko 'Miki' Suwa Gorman. Karakter yang dimainkannya itu dalam kehidupan nyata tetap menjadi satu-satunya wanita yang memenangkan maraton Boston dan New York City sebanyak dua kali.

Sepanjang kariernya ia sempat terlibat skandal ketika berselingkuh dengan bintang rock yang sudah menikah, Uchida Yuya. Dia juga dilaporkan memiliki masalah alkohol dan menimbun hutang yang sangat banyak.

Demi menutupi dan melunasi hutangnya, Shimada Yoko kabarnya rela muncul di dalam sebuah buku dengan foto telanjang di tahun 1992. Buku itu diketahui menjadi salah satu yang terlaris sekaligus merusak citra Shimada Yoko sebagai aktor.

Tahun 2011 ia kembali mengejutkan publik dengan muncul di sebuah video dewasa. Sebelum meninggal dunia, ia diketahui muncul dalam karya terakhirnya di tahun 2016 lewat drama Saiga Toshiro, Kanon.