TPS Mobile Siap Layani Pemilih Sakit

Your browser doesn’t support HTML5 audio
Kupang, era.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maryanti Luturmas Adoe mengatakan, tempat pemungutan suara (TPS) siap dikerahkan secara "mobile" untuk melayani pemilih yang mengalami sakit.

"Pelayanan untuk pemilih yang sakit di rumah maupun rumah sakit dilakukan hari ini mulai Pukul 12.00 Wita," kata Maryanti sebagaimana dikutip Antara, Rabu (27/6/2018).

Ia menjelaskan, pelayanan bagi pemilih yang sakit di rumah akan dilakukan jika ada laporan. Laporan itu akan dibahas bersama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi, dan pengawas, terkait kesepakatan untuk dilayani.

Sementara pemilih yang berada di rumah sakit juga telah didata sebelumnya oleh masing-masing KPU tingkat kabupaten/kota untuk mendapatkan pelayanan yang sama.

"Untuk pelayanan pemilih yang sakit ini akan diutus dua petugas KPPS membawa surat suara yang dibutuhkan," ucapnya.

Ia memastikan, para pemilih yang sakit tetap melakukan pencoblosan secara langsung dan petugas KKPS yang akan tetap menjaga kerahasiaan hak suaranya.

Secara keseluruhan, terdapat sebanyak 3.186.506 pemilih, Rabu mulai pukul 07.00-13.00 WITA akan menggunakan hak suara dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023.

Para pemilih yang tersebar di 22 kabupaten dan kota ini akan memberikan suara pada 9.672 TPS yang tersebar di 3.323 desa dan 307 kecamatan.

Tag: pilkada 2018