Diguyur Hujan Sepanjang Malam dan Bikin Longsor, Kota Bogor Berduka

| 22 Aug 2022 13:48
Diguyur Hujan Sepanjang Malam dan Bikin Longsor, Kota Bogor Berduka
Suasana Kampung Margabhakti, RT 01, RW 02, Kelurahan Kertamaya, Kecamatan, Bogor Selatan, Kota Bogor, usai dilanda longsor.

ERA.id - Bencana alam melanda Kampung Margabhakti, RT 01, RW 02, Kelurahan Kertamaya, Kecamatan, Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (21/08/2022) malam.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun 11 rumah milik warga rusak. Hingga kini para warga yang terdampak diungsikan ke rumah tetangga.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofillo mengatakan, sepanjang malam telah terjadi hujan deras yang mengakibatkan banjir lintasan dan tanah longsor.

Banjir lintasan dan tanah longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas deras yang mengguyur di wilayah tersebut, sehingga bikin saluran aliran drainase yang berada disekitar lokasi meluap.

"Kejadian ini menyebabkan banjir lintasan setinggi 25-30 cm sehingga menggenangi sekitar 11 rumah warga sekitar," ujar Theo, Senin (22/08/2022).

Dampak dari terjadinya banjir lintasan, lanjut Theo, membuat terjadinya kejadian tanah longsor dengan panjang 12 meter dan tinggi 8 meter sehingga mengancam keberadaan beberapa rumah warga yang berada di bawah lokasi tanah longsor.

Kejadian tanah longsor juga membuat tiang penerangan jalan milik PJU Kota Bogor terbawa material longsoran. "Kondisi saat ini Assessment sudah selesai dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor dilokasi kejadian. Saat ini, kondisi air yang sempat menggenangi rumah warga sudah mulai surut," tandasnya.

Rekomendasi