Satu Suspek Cacar Monyet Dirawat di RSP Unhas Makassar, Miliki Riwayat Perjalanan dari Jakarta

| 23 Aug 2022 20:05
Satu Suspek Cacar Monyet Dirawat di RSP Unhas Makassar, Miliki Riwayat Perjalanan dari Jakarta
Ilustrasi cacar monyet (Antara)

ERA.id - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan, dr Arman Bausat mengemukakan, satu pasien terindikasi suspek cacar monyet (monkeypox) kini sedang dirawat di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Hasanuddin Makassar sejak Senin (22/8/2022). Dia berjenis kelamin laki-laki berusia 36 tahun.

dr Amran Bausat membeberkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta dan kembali ke Makassar pada tanggal 18 Agustus 2022. Ia menyebut, sebelum dinyatakan sebagai suspek cacar monyet (monkeypox), pasien tersebut telah menunjukkan gejala menyerupai monkeypox seperti terdapat ruam dan mengalami demam.

"Kemudian dia demam, sehingga dia mencari pengobatan di rumah sakit.  Setelah diperiksa, karena ada gejala demam dan ruam, otomatis pihak rumah sakit mencurigai. Karena, memang sudah diinformasikan dan sudah diantisipasi penyebaran penyakit ini. Karena dicurigai, pasien ditempatkan di ruang isolasi," terangnya, Rabu (23/8/2022).

Lanjut, dr Arman mengatakan pasien tersebut telah diambil sampel darahnya untuk dilakukan pengecekan yang rencananya akan di kirim Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar. Namun, jika membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut maka sample tersebut akan dikirim ke Jakarta.

"Sambil persiapan untuk pemeriksaan swab untuk memastikan kita melakukan pemeriksaan verifikasi dengan laboratorium. Tadi pagi sampelnya sudah diambil dan rencananya mau diikirim ke BBLK. Kalau misalnya masih membutuhkan pemeriksaan  lebih lanjut mungkin akan dikirim ke Jakarta," ujarnya.

Meski demikian, dr Arman belum mengetahui secara pasti berapa lama hasil pemeriksaan akan keluar. "Mudah-mudahanan cepat ada hasilnya. Saya memonitor terus ini perkembangannya. Tapi pasti secepatnya, sehingga bisa diputuskan apakah monkeypox atau bukan" tutupnya.

Rekomendasi